ARTIKEL

Sekolah Terapkan Sistem Hybrid Learning, Bagaimana ya Agar Anak Tetap Semangat Belajar?

Nov 07, 2022 10:40am

Pernahkah Bunda mendengar hybrid learning? Sistem pembelajaran ini mulai diterapkan sejak adanya pembatasan interaksi di masa pandemi.

Hybrid learning merupakan pembelajaran yang menyatukan antara proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka dengan online. Namun sayangnya, tidak semua anak dapat dengan mudah beradaptasi dengan sistem pembelajaran ini. Beberapa anak merasa jenuh ketika harus belajar bergantian antara online dari rumah dan tatap muka di sekolah.

Nah Bunda, berikut ini beberapa cara agar anak tetap semangat belajar menggunakan sistem hybrid learning:

  1. Dampingi anak saat belajar di rumah

Saat memasuki jadwal belajar dari rumah, konsentrasi anak biasanya mudah teralihkan sehingga tidak fokus dengan pelajarannya. Dalam hal ini, Bunda berperan penting dengan tetap mendampingi anak belajar di rumah. Sebisa mungkin bantu si kecil bila ada materi yang kurang dipahaminya.

  1. Kondisikan ruangan belajar di rumah agar anak nyaman

Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang agar si kecil dapat dengan mudah memahami materi yang sedang dibahas. Seperti mematikan televisi dan jauhkan anak dari suara-suara bising yang bisa mengganggu konsentrasi belajarnya. Serta nyalan kipas angin atau AC agar suhu udara lebih sejuk dan sirkulasi udara yang baik.

  1. Bawakan bekal kreasi Bunda saat anak belajar di sekolah

Saat jadwal belajar di kelas, Bunda bisa menyiapkan bekal makanan favorit si kecil agar semangat belajar di sekolah. Buat daftar bekal apa saja yang akan dibawa si kecil setiap harinya. Bunda juga bisa mengkreasikan bekal sekolah anak dengan bentuk-bentuk karakter favorit si kecil.

  1. Beri waktu anak untuk bermain dan mengobrol dengan teman di sekolah

Jangan langsung ajak si kecil pulang setelah bel sekolah berbunyi, Bunda. Biarkan anak bermain atau mengobrol sebentar dengan teman-temannya di sekolah. Selain menambah keakraban, anak akan lebih semangat berangkat ke sekolah karena akan bertemu teman-temannya.

  1. Sesekali ajak anak untuk play date dengan teman sekolahnya

Sesekali lakukan play date bersama teman sekolah anak. Bunda bisa membuat janji sebelumnya dengan orangtua teman si kecil. Cara ini membantu Bunda lebih mengenal orangtua teman-teman si kecil. Anak juga memiliki waktu lebih banyak bermain bersama teman sekolahnya.

Tags:

Halaman