ARTIKEL

Sekolah Tatap Muka Sudah Dimulai, Pastikan Tetap Jaga Buah Hati dari Serangan Virus

Oct 23, 2021 10:51am

Sekolah tatap mulai diterapkan di beberapa kota dan daerah di Indonesia. Kembali ke sekolah tentu membuat anak-anak dan orang tua senang sekaligus was-was. Senang karena anak-anak dapat kembali belajar di sekolah. Tapi juga khawatir jika melepas anak-anak ke sekolah di masa pandemi.

Untuk anak usia 12 hingga 17 tahun, vaksinasi sudah dapat dilakukan demi mencegah penularan Covid-19. Lalu bagaimana dengan anak-anak di bawah umur 12 tahun? Tentunya Bunda sebagai orang tua akan merasa khawatir dengan kesehatan anak. Bunda perlu melakukan beberapa hal ini untuk menjaga si kecil dari serangan virus di masa peralihan.

Ajarkan si kecil pemahaman tentang protokol kesehatan

Si kecil mungkin sudah mengetahui tentang protokol kesehatan atau prokes yang wajib diterapkan. Tapi namanya juga anak-anak ya, Bunda. Selalu ada celah bagi si kecil untuk melepaskan maskernya, berkumpul dengan teman dan menghiraukan jarak, hingga lupa mencuci tangan. 

Oleh karena itu Bunda, jangan lelah untuk mengajari si kecil memahami protokol kesehatan. Berikan pemahaman secara sederhana mengapa mereka harus menerapkannya. Seperti tetap memakai masker, menghindari berkumpul dengan teman-teman, serta rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Lengkapi kebutuhan si kecil dari rumah

Menjaga lebih baik daripada mengobati kan, Bunda. Sebaiknya lengkapi semua kebutuhan si kecil seperti masker cadangan, hand sanitizer, hingga peralatan makan pribadi. Hal ini bertujuan agar si kecil lebih aware terhadap kesehatan dirinya. Ajari juga si kecil agar tidak membuang sampah masker sembarangan. Mintalah anak untuk membawa pulang kembali bekas masker yang ia gunakan dalam wadah khusus yang telah Bunda siapkan.

Pastikan si kecil langsung mandi dan keramas sesampainya di rumah

Bukan tidak mungkin bakteri dan virus akan menempel di tubuh dan pakaian si kecil usai bersekolah. Bunda bisa mengajari si kecil untuk menjaga kebersihan dengan langsung mandi dan keramas usai pulang sekolah. Beri pemahaman sederhana pada si kecil tentang bahaya virus jika menyerang dirinya dan keluarga di rumah.

Jaga imunitas tubuh anak dengan memberikan nutrisi seimbang dan vitamin

Selain menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan, Bunda juga perlu memberikan asupan makanan bernutrisi. Berikan si kecil menu makanan bernutrisi lengkap dengan buah dan sayuran warna-warni. Kandungan vitamin A, C dan E pada buah dan sayuran dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Serta lengkapi dengan tambahan suplemen dan vitamin agar si kecil tidak mudah terserang penyakit.

Jika si kecil mengalami gangguan kesehatan saat menjalani sekolah tatap muka, jangan paksakan anak untuk masuk sekolah. Ketika anak merasa tidak enak badan dengan tanda suhu badan meningkat, kompres dan berikan obat penurun panas untuk membuat suhu badan anak tidak semakin tinggi. Pastikan Bunda memiliki pertolongan pertama dengan obat yang terjamin kualitasnya dari Konimex.

Tags:

Halaman