ARTIKEL

Pertolongan Pertama Ketika Si Kecil Demam Tinggi

Oct 08, 2018 3:11pm

Demam dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, banyak hal yang dapat menyebabkan demam diantaranya alergi, infeksi, batuk dan flu. demam merupakan salah satu gejala atau reaksi tubuh terhadap suatu penyakit bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Tubuh bisa dikatakan mengalami demam ketika mencapai suhu 37,5 - 38 derajat celcius. Selain orang dewasa, demam juga kerapkali menyerang anak-anak terutama balita yang masih sangat rentan terhadap penyakit. Jangan panik ya bunda, lakukan beberapa langkah pertolongan pertama seperti berikut ini:

 

  1. Periksa suhu tubuh

Periksa suhu tubuh si kecil secara berkala agar bunda dapat memantau apakah suhunya masih terus naik atau sudah berangsur turun dan dapat melakukan hal selanjutnya yang harus dilakukan ketika anak megalami demam hingga suhunya normal kembali.

 

  1. Kompres dengan air hangat

Bunda dapat menggunakan handuk kecil dan air dispenser untuk mengompres anak. Kompres anak pada bagian ketiak dan dahinya, bunda juga dapat mengusap punggung dan bagian tubuh lainnya dengan air hangat.

 

  1. Kenakan pakaian yang tipis

Setelah dikompres, kenakan pakaian yang tipis dan longgar serta hindari pakaian yang tebal seperti baju hangat atau selimut tebal ketika demam agar anak tidak kegerahan dan pakaian tebal justru akan meningkatkan suhu tubuhnya. Dekap si kecil agar dia merasa nyaman hingga tertidur dan tubuhnya beristirahat.

 

  1. Berikan minum yang cukup

Jaga tubuh si kecil agar tetap terhidrasi, berikan banyak minum air hangat atau sup agar tidak mengalami dehidrasi. Jika masih bayi, berikanlah ASI sesering mungkin.

 

  1. Berikan obat dan biarkan istirahat

Berikan Termorex jika suhu tubuhnya diatas 38 derajat dan biarkan si kecil beristirahat terlebih dahulu, mengurangi aktivitas fisik setelah kondisi tubuhnya kembali normal. Jika panas tidak turun lebih dari 2 hari, sebaiknya bunda segera membawa si kecil ke dokter.

 

Tags:

Halaman