ARTIKEL

Pertolongan Pertama Ketika Anak Alami Sakit Gigi

Oct 08, 2018 2:42pm

Rasa nyeri ketika sakit gigi sangat tidak menyenangkan, terutama pada anak-anak. Rasa sakit pada gigi, gusi dan sekitar mulut yang dialami si kecil biasanya disebabkan oleh bakteri sisa makanan yang membusuk dan berkembang biak di sela-sela gigi dan gusi. Ketika gigi terasa nyeri anak umumnya akan menjadi rewel dan aktivitasnya menjadi terganggu. Jika si kecil mengalami sakit gigi bunda dapat memberikan pertolongan pertama seperti ini:

 

  1. Bersihkan area mulut

Bersihkan area mulut si kecil dengan mengajaknya menyikat gigi secara perlahan terutama pada bagian yang terasa sakit. Mulai sikat gigi dari bagian yang biasa dipakai untuk mengunyah dan sikat gigi dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.

 

  1. Kumur dengan air garam

Siapkan air hangat suam - suam kuku dan tambahkan sedikit garam dapur, setelah itu mintalah si kecil untuk berkumur dan ulangi dua hingga tiga kali sampai rasa nyeri berkurang. Kandungan yodium pada garam dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gigi.

 

  1. Kompres dengan es batu

Ambil beberapa bongkah es batu lalu bungkus dengan kain tipis, kemudian tempelkan pada bagian luar gigi yang sakit sambil pijat perlahan. Es batu memberikan efek mati rasa dan akan mengurangi rasa sakit pada bagian gigi.

 

  1. Bawang putih

Kandungan allicin pada bawang putih dapat membantu meredakan sakit gigi. Bunda cukup menyiapkan dua suing bawang putih segar, tumbuk hingga lembut dan berikan sedikit garam. Dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi atau bunda dapat menempelkan bawang putih tumbuk langsung ke gigi anak yang terasa sakit.  

 

  1. Berikan obat dan biarkan istirahat

Apabila beberapa cara alami tersebut di atas masih belum cukup meredakan rasa nyeri pada gigi si kecil, bunda dapat memberikan Termorex  yang mengandung paracetamol yang dapat berfungsi sebagai obat anti inflamasi yang efektif membantu meredakan sakit gigi anak. Berikan Termorex sesuai dosis yang ditentukan. Setelah minum obat, biarkan si kecil beristirahat. Jika sakit giginya masih berlanjut segera konsultasikan dengan dokter gigi terdekat ya Bun.

Tags:

Halaman

Artikel Terkait