Persiapan Saat Si Kecil Kembali Masuk Sekolah

Jul 17, 2017 10:47am

Tidak terasa, libur kenaikan kelas hampir usai ya, Bunda. Tandanya, sebentar lagi Sissy akan naik kelas 4 SD. Bunda ingin mempersiapkan Sissy agar siap untuk kembali sekolah. Bunda pun mengajak Sissy untuk merapihkan buku-buku sekolah dan mempersiapkan buku-buku untuk kelas 4 SD. Tidak hanya persiapan sekolah, kesehatan anak juga harus dipersiapkan Bunda, agar tetap fit saat menjalani tahun ajaran baru. Apa saja sih tips untuk mempersiapkan anak kembali sekolah?

 

P

ersiapan Peralatan Sekolah

Bunda dapat memulai dari persiapan peralatan untuk sekolah nantinya. Ajaklah si kecil bercerita mengenai kegiatan sekolah yang menyenangkan atau yang si kecil senangi sebelumnya. Bunda dapat bertanya mengenai hal tersebut dan setelah itu Bunda bertanya mengenai kegiatan sekolah yang ia akan temui nanti. Bunda dapat bertanya juga mengenai kegiatan atau pelajaran yang ia tidak senangi dan bertanya apa kendalanya agar nanti si kecil tidak menemui kendala tersebut lagi. Mulai persiapan sekolah, tidak heran apabila si kecil akan meminta peralatan tulis baru. Bunda dapat membelikan peralatan baru, tentu tidak perlu yang mahal, agar ini menjadi motivasi si kecil. Bunda dapat tegaskan bahwa dengan Bunda membelikan alat tulis, atau peralatan sekolah lainnya yang baru, berarti Bunda mengharapkan si kecil untuk belajar lebih giat dan semangat lagi. Hal ini dilakukan agar si kecil belajar untuk menghargai sesuatu dan menjadikannya motivasi yang positif. Tentu saja bukan berarti setiap kenaikan kelas ia harus membeli sesuatu yang baru. Tanamkan juga kepada si kecil untuk menjaga barang-barangnya dalam jangka panjang dan tidak selalu membeli baru.

Bila si kecil di usia dimana baru akan menghadapi sekolah, Bunda dapat mengawali dengan bercerita kegiatan-kegiatan menarik yang akan dilakukan di sekolah. Bunda dapat juga bercerita tentang bagaimana dulu orang tuanya sekolah di masa itu dengan semangat. Bertemu teman-teman baru, mempelajari sesuatu yang baru, tentu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan sehingga si kecil akan dengan semangat menghadapi sekolah. Jangan membuat si kecil takut hingga si kecil tidak bersemagat. Ajari si kecil untuk selalu berkomunikasi dengan Bunda dengan bercerita baik yang menyenangkan atau pun yang ia khawatirkan.


Halaman:

Recommended Article


Our Channels: