Pemberian Antibiotik Pada Anak

Nov 02, 2015 2:46pm

Bunda-bunda di rumah pasti sudah pernah mendengar nama Amoxillin, yang merupakan salah satu jenis obat antibiotik yang sering diberikan pada anak. Apa itu sebenarnya antibiotik? Antibiotik merupakan obat-obatan yang digunakan pada infeksi bakteri, dengan membunuh bakteri secara langsung ataupun menghambat pertumbuhan bakteri. Obat ini dapat diberikan dengan berbagai cara, misalnya dengan bentuk tablet, sirup atau kapsul, secara suntikan maupun dalam bentuk salep atau obat tetes.

 

Apa yang harus bunda perhatikan ketika memberi obat antibiotik pada anak ? Yang pertama bunda harus memperhatikan waktu pemberian. Waktu pemberian ini penting sekali bunda, karena berhubungan dengan waktu bekerjanya obat di tubuh si kecil, apabila telat pemberiannya bisa mengurangi daya kerja membunuh kuman bakteri. Jangan sampai lupa ya bunda!

 

Yang kedua, dosisnya harus tepat bunda. Dosis antibiotik ini terutama pada anak harus disesuaikan dengan berat badan anak dan beratnya penyakit, sehingga harus sesuai dengan saran dari dokter. Apabila dosisnya kurang maka kuman bakteri tetap akan berkembang, sebaliknya jika dosisnya berlebihan maka dapat terjadi efek samping pada anak, seperti diare, kembung, dan gejala lainnya. Apabila kita mengabaikan waktu pemberian dan dosis antibiotik tersebut akan dapat menyebabkan terjadinya daya tahan bakteri yang resisten terhadap jenis antibiotik tertentu.

 

Kapan si kecil butuh antibiotik ? Pada umumnya, sakit yang diderita anak-anak disebabkan oleh virus, karena masih rendahnya daya tahan tubuh atau kekebalan anak. Seperti yang bunda ketahui bahwa penyakit dari virus itu akan dapat sembuh sendiri kok bunda dengan daya tahan tubuh anak yang baik dan asupan gizi yang cukup. Namun, jika anak dalam 3-7 hari kondisinya masih sakit atau kian menurun, sebaiknya bunda membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan terapi yang diperlukan.

 

Jadi, meskipun kita pernah diberikan resep antiobiotik dan mudah dibeli di apotek terdekat, Bunda jangan membeli antiobiotik secara bebas (tanpa rekomendasi dokter).  Bawalah si kecil ke dokter, sehingga jenis, dosis dan waktu pemberian antibiotiknya tepat. Jika si kecil mendapat terapi antibiotik, jangan lupa memberikan antibiotik tepat waktu ya bunda, dan jangan lupa dihabiskan sehingga bakteri akan hilang dari tubuh si kecil dan si kecil dapat ceria kembali beraktivitas dan bermain.

 

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: