Olahraga Dan Aktifitas Fisik Yang Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Sep 04, 2017 2:32pm

Olahraga dan aktifitas fisik mempunyai peran yang sangat besar pada tumbuh kembang anak, selain menyehatkan tubuh dan memacu pertumbuhan, aktifitas fisik juga dapat meningkatkan aktifitas suplai oksigen ke otak sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Jadi selain mendapatkan gizi yang seimbang, olahraga dan aktifitas fisik juga merupakan hal yang harus dilakukan anak agar mencapai tumbuh kembang yang optimal. American Heart Association dan American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak-anak berusia dua tahun atau lebih agar berolahraga atau melakukan aktifitas fisik sesuai umur perkembangan dengan durasi 60 menit per hari. 

 

Agar menjadi pribadi dewasa yang sehat dan aktif, pembentukan gaya hidup (lifestyle) yang baik harus dimulai dari rumah sejak dini. Anak yang aktif akan belajar lebih efektif, merasa gembira, percaya diri dan memiliki pola tidur yang baik. Membiasakan anak untuk beraktifitas fisik sejak dini juga akan mengurangi risiko terjadinya obesitas, penyakit koroner dan keganasan. Berolahraga sambil bermain selain merangsang pertumbuhan tulang dan otot, juga mengasah ketrampilan gerak, interaksi sosial dan memicu perkembangan otak anak.

 

 

DEFINISI TUMBUH KEMBANG

Pertumbuhan (growth) didefinisikan sebagai bertambahnya ukuran dan jumlah sel yang ditandai dengan bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh. Sedangkan perkembangan (development) ialah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh menjadi lebih kompleks. Pertumbuhan dan perkembangan berjalan secara bersamaan dan sangat bervariatif dari individu satu dengan lainnya. Faktor utama yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik adalah hal-hal yang sudah diwariskan dari gen ayah ibu, namun faktor genetik ini dapat berubah atau bertambah baik apabila kita memberikan stimulasi pada faktor lingkungan, salah satunya adalah dengan mengajak anak berolahraga dan beraktifitas fisik.

 


Halaman:

Recommended Article


Our Channels: