Nyeri Tenggorokan Pada Anak

Nov 02, 2015 2:41pm

Banyak anak-anak usia sekolah yang sering mengeluh nyeri pada tenggorokan. Namun, keluhan ini ternyata tidak hanya ditemukan pada anak usia sekolah saja, tetapi pada balita yang sudah mulai makan makanan keluarga. Sebagian besar nyeri tenggorokan ini disebabkan oleh virus, di mana seperti kita ketahui bahwa sistem kekebalan tubuh anak-anak masih belum sempurna. Alergi dan bakteri juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak. Ditambah lagi anak sudah bisa jajan makanan di luar rumah dan sering sekali minum es. Makanan, alat makan ataupun tangan yang kotor dapat menjadi jalan masuk bakteri atau virus ke tubuh anak.

 

Nyeri tenggorokan pada anak biasanya disertai dengan demam yang tidak terlalu tinggi, batuk, pilek, ataupun bersin-bersin. Dapat juga ditemukan kesulitan menelan. Biasanya anak juga akan sulit makan bunda, karena tenggorokan akan terasa gatal. Anak juga dapat mual atau muntah sehingga menyebabkan anak menjadi rewel.

 

Bunda dapat memberikan anak banyak minum, terutama minuman hangat. Minuman yang hangat akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan dan mengurangi nyeri dan gatal pada tenggorokan. Biarkan anak beristirahat dan berikan obat penurun panas bila anak demam. Anak juga harus dihindarkan dari asap rokok ataupun asap udara iritan lainnya. Biasanya nyeri tenggorokan pada anak akan dapat sembuh dengan sendirinya bila daya tahan tubuh anak baik. Daya tahan tersebut tentunya ditunjang dengan asupan gizi yang baik. Minuman yang dingin dan makanan gorengan yang berminyak sebaiknya dihindari dulu ya bunda, karena dapat memperberat nyeri tenggorokan.

 

Untuk mencegah anak terkena nyeri tenggorokan, tentunya bunda harus menjaga daya tahan tubuh anak dengan gizi dan cairan yang cukup, serta menjaga kebersihan anak. Anak juga sebaiknya menghindari kontak dengan orang yang terkena flu atau batuk pilek. Konsultasikan anak ke dokter jika anak demam tinggi, terdapat kesulitan menelan atau bernafas, serta jika gejala tidak berkurang dalam 2 minggu.****

 

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: