Menjalani Ramadhan Bersama Si Kecil

May 16, 2018 1:48pm

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa karena penuh berkah dan ampunan. Pada bulan tersebut selama satu bulan, umat Islam yang sudah akil balig (memasuki usia dewasa) diwajibkan untuk berpuasa. Berpuasa dalam pandangan ajaran Islam artinya tidak memasukkan sesuatu (makanan dan minuman) melalui mulut sejak matahari terbit (waktu Subuh) hingga matahari terbenam (Magrib). Tujuan berpuasa bagi umat Islam adalah agar menjadi orang yang bertakwa.

Di Indonesia umumnya puasa berlangsung antara 10-12 jam. Berpuasa tidak akan mengganggu kesehatan tubuh karena dalam kurun waktu 16 jam sejak terakhir kita makan, tubuh memiliki mekanisme adaptasi untuk mempertahankan kadar gula darah tetap terjaga dengan cara memecah cadangan lemak dan protein dan memperlambat metabolisme tubuh. Apabila puasa dilakukan terus menerus dan tidak ada jeda waku berbuka, maka akan mengganggu kesehatan anak. Berpuasa  memiliki banyak manfaat antara lain dapat memberikan sistem pencernaan untuk beristirahat dan regenerasi, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tubuh akan lebih segar dan lain sebagainya. Berlatih berpuasa pada anak-anak juga dapat melatih dalam pengendalian diri dan disiplin.

Bagaimana kiat - kiat agar anak dapat belajar berpuasa? Mari kita tinjau beberapa hal berikut ini.

 

Berikan pengertian mengenai berpuasa

 

Puasa adalah salah satu rukun Islam dalam agama Islam yang wajib dilaksanakan. Orangtua harus memberikan contoh dan mengajarkan ajaran agama yang baik pada anak sehingga mereka dapat mengakrabkan diri mereka pada ibadah dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kewajiban berpuasa. Orangtua dapat mengajari bagaimana cara berpuasa dengan penyampaian yang dapat ditangkap oleh anak, dengan bahasa sederhana atau melalui cerita, sesuai umur perkembangan anak. Berikan penjelasan mengenai manfaat puasa dan keistimewaan bulan Ramadhan pada anak agar anak makin termotivasi.


Halaman:

Recommended Article


Our Channels: