Menjaga Hubungan Sehat Antara Bunda dan Si Kecil

Feb 27, 2017 4:26pm

Hubungan kita dan si kecil tentu harus menjadi hubungan yang sehat, Bunda. Dengan hubungan yang sehat, si kecil akan merasa dekat dengan kita. Bila si kecil merasa dekat, ia akan bercerita ke kita dan akan menjaga kepercayaan kita, Bunda. Bagaimana cara kita menyeimbangkan antara peran orang tua namun tetap memiliki hubungan yang dekat dengan buah hati?

 

Bangunlah hubungan yang menyenangkan si buah hati sejak dini. Tentu, hal ini tidak mudah. Tapi tenang saja, Bunda. Masih belum terlambat bila kita ingin memiliki hubungan yang sehat antara si kecil dan kita sebagai orang tua. Namun, bunda harus tetap tegas agar si kecil tetap menghargai kita sebagai orang tua.

 

Hal pertama yang bisa bunda coba adalah dengan membuat perjanjian dengan si kecil. Pada saat berpergian, terangkanlah pada si kecil hal-hal yang boleh ia perbuat dan yang tidak boleh ia perbuat. Bunda dapat menjelaskan bahwa ada barang-barang yang ia tidak boleh mainkan, atau misalnya Bunda sampaikan bahwa berlarian atau berteriak itu boleh tapi tidak berlebihan. Bila ia ingin berlarian maka jangan terlalu kencang agar tidak jatuh. Dan apabila si kecil berlarian lalu terjatuh, jangan terlalu memanjakan si kecil. Pertama, bunda dapat sampaikan bahwa tadi Bunda sudah mengingatkan untuk tidak berlarian. Apabila si kecil menangis, Bunda pastikan apakah ada yang terluka atau ada bagian yang sakit. Bila terdapat luka, obati lukanya. Setelah itu Bunda ingatkan lagi untuk tidak berlarian agar tidak jatuh. Usahakan untuk tidak memarahi lantai atau barang yang membuat si kecil terjatuh, agar si kecil tahu bahwa bukan salah barangnya sehingga ia bisa terjatuh. Hal ini sangat sulit namun bila dipraktikan akan dapat membuat pribadi si kecil berkembang dengan positif.


Halaman:

Recommended Article


Our Channels: