Ketika Sang Buah Hati Mendadak Demam

Aug 04, 2015 10:46am

Nik-nik terbilang anak yang sangat aktif. Duduk diam lebih dari lima hitungan sesuatu yang hampir mustahil baginya. Ada saja yang dikerjakannya sebagai balita dengan daya khayal yang sangat tinggi. Ia sudah bersekolah di TK kecil. Susahnya, lembaga tempatnya belajar bersosialisasi ini juga tempat yang mudah untuk membuatnya tertular penyakit. Batuk dan pilek adalah gejala penyakit yang paling umum di kalangan anak-anak. Bersyukurlah seandainya lembaga pendidikan anak usia dini ini telah mengajarkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang sehat seperti mencuci tangan sebelum memegang makanan, menutup mulut dengan sapu tangan ketika batuk, dan sebagainya. Namun sekali lagi, anak-anak yang aktif sering disertai perilaku yang secara umum kita sebut nakal dan bandel. Kesimpulannya adalah mereka rentan untuk tertular penyakit-penyakit umum dari anak atau anak-anak lain yang kebetulan telah membawa kuman penyakit. Maka ketika Nik-nik yang aktif, sesampai di rumah tampak lesu, tidak bersemangat dan suhu tubuhnya meningkat, perlu diwaspadai bahwa penyebabnya bukan hanya karena ia sudah kecapaian atau mengantuk.

 

Demam atau yang dalam bahasa Inggris disebut fever atau febricity adalah naiknya temperatur tubuh yang seringkali merupakan gejala terjadinya infeksi. Demam dapat dibagi menjadi dua: demam ringan dan demam tinggi.

 

Demam ringan mungkin menunjukkan bahwa strain atau galur kuman penyakit yang menyerang tergolong jinak sehingga sistem kekebalan tubuh masih mampu mengatasi serangan kuman tersebut. Ketika hal itu terjadi, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan memberinya asupan vitamin dan bahan-bahan lain yang menyehatkan. Minum yang banyak biasanya sudah cukup untuk membuat tubuh berkeringat dan menurunkan demam. Apabila ini telah dilakukan namun buah hati bunda masih demam, bunda dapat memberinya obat penurun panas untuk demam ringan seperti tablet kunyah Inzana atau sirup Inzana Masuk Angin. Tablet kunyah Inzana mengandung acetylsalicylic acid 80 mg tetapi memiliki rasa jeruk sehingga memudahkan pemberiannya kepada sang buah hati. Pilihan yang lain adalah sirup Inzana Masuk Angin. Sirup masuk angin untuk anak-anak ini terbuat dari bahan-bahan alami yang aman. Dan uniknya, sirup dalam kemasan sachet dan memiliki rasa jeruk ini juga dapat diberikan sebagai upaya pencegahan ketika sang buah hati akan dibawa menempuh perjalanan jauh atau beraktivitas di luar ruang.

 

Demam tinggi mungkin sekali terjadi ketika strain atau galur kuman yang menyerang tergolong ganas dan daya tahun tubuh sang buah hati sedang rendah, misalnya sepulang menempuh perjalanan jauh. Tidak usah cemas berlebihan seandainya termometer menunjukkan suhu tubuh sang buah hati sampai 39 derajat Celsius atau lebih. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghindari dehidrasi. Yang paling baik untuk mencegah dehidrasi adalah cairan oralit, tetapi kalau sang buah hati menolak karena rasanya yang aneh, bunda dapat memberinya minuman yang paling ia sukai. Yang penting ada cairan untuk menggantikan cairan intravaskuler yang hilang karena kebocoran melalui dinding kapiler. Demam tinggi biasanya disertai deraan rasa tidak nyaman yang melanda hampir seluruh tubuh.

 

Maka guna mengurangi rasa tidak nyaman itu kita perlu memberikan obat penurun panas seperti Termorex yang memiliki kandungan paracetamol. Paracetamol dalam Termorex Sirup Turun Panas dapat digunakan untuk anak mulai dari 0 bulan dan bermanfaat meringankan rasa sakit kepala, sakit gigi, selain menurunkan demam secara efektif. Apabila sang buah hati masih kecil, ada pilihan lain yang dapat diberikan yaitu Termorex Drops. Obat tetes rasa jeruk ini, dalam fungsi analgesiknya bekerja dengan cara menaikkan ambang rasa sakit, sedangkan dalam fungsi antipiretik obat ini bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus. Apabila demam tinggi jelas disertai dengan gejala flu, pilihan penurun panas yang dianjurkan adalah Termorex Plus. Obat dalam bentuk sirup rasa jeruk ini selain menurunkan demam juga berfungsi meringankan gejala flu seperti sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Sebagai informasi tambahan, baik Termorex Sirup Turun Panas, Termorex Drops, maupun Termorex Plus tidak mengandung alkohol sehingga aman dikonsumsi ketika perut atau lambung kosong. 

 

Apabila sistem pertahanan tubuh buah hati bunda cukup tinggi, tidak sampai tiga hari demam akan turun dengan sendirinya. Akan tetapi jika selewat tiga hari demam belum reda bahkan ditambah dengan sulit makan, muntah-muntah, diare, atau tanda perdarahan segera periksakan buah hati bunda ke dokter atau langsung ke unit gawat darurat guna menjalani pertolongan dan pemeriksaan lebih lanjut.***

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: