Ketahui Berbagai Jenis Ruam dan Alergi Pada Kulit

May 09, 2016 7:47pm

Pada hari minggu yang cerah, dengan rasa ingin tahunya yang kelewat kuat Sony bersikeras membantu ayah dan bundanya merapikan tanaman pagar yang mengitari pekarangan rumah. Dengan tangan-tangannya yang masih mungil ia ikut menggunting tangkai-tangkai yang sudah terlalu panjang. Canda dan tawa menghiasi hari kebersamaan mereka.

 

Pekerjaan belum beres sebetulnya, tetapi sang bunda melihat Sony sering menggaruk tangan dan kakinya. Maka ia memutuskan bahwa Sony harus berhenti lebih awal untuk dimandikan. Ketika bajunya dibuka, ternyata ruam-ruam yang terasa gatal juga ditemukan di sana-sini pada tubuhnya.

 

Sony mengalami gangguan kulit yang disebut dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit akibat kontak dengan unsur asing yang menyebabkan alergi. Benda atau unsur asing yang bisa menyebabkan kondisi ini antara lain adalah sabun, pewangi, perhiasan, tanaman, bunga, atau serangga. Dalam kasus Sony, antigen-antibodinya kebetulan mudah bereaksi terhadap zat kimia yang berasal entah dari getah tanaman, bulu ulat, gigitan atau sengatan serangga. Rasa gatal dan panas yang dideritanya dapat diatasi dengan mengoleskan krim atau pereda gatal dalam bentuk cair atau gel.

 

Ruam dan gangguan kulit sesuatu yang sering dialami oleh anak-anak. Tentang ini ada baiknya bunda mengetahui macam-macam gangguan kulit yang dapat diderita oleh buah hati bunda.

 

Selain dermatitis kontak seperti yang dialami oleh Sony, buah hati bunda mungkin mengalami gangguan kulit seperti infeksi jamur, impetigo, cacar air, scarlet fever, campak, skabies, dan sebagainya.

 

Jamur adalah organisme primitif yang hidup di tanah, udara, tanaman, dan air. Susahnya ada beberapa jenis jamur yang senang hidup di tubuh manusia. Infeksi jamur lebih mudah terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah dan kurang menjaga kebersihan. Apabila buah hati bunda mengalaminya, dokter biasanya akan meresepkan obat antijamur yang dioleskan pada bagian yang terinfeksi.

 

Impetigo adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri (Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes) dan sangat mudah menular. Penularan terjadi melalui kontak antar kulit secara langsung atau melalui barang-barang perantara, misalnya handuk, baju, atau peralatan makan yang terkontaminasi.

 

Cacar air atau varisela adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster yang ditandai dengan gejala utama berupa ruam pada kulit. Bagian yang paling sering terpengaruh oleh cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, lengan, dan kaki. Pengobatan yang dilakukan hanya untuk menurunkan gejala yang terjadi, misalnya parasetamol untuk menurunkan demam, dan losion atau bedak untuk mengurangi rasa gatal.

 

Ruam pada kulit juga dapat terjadi karena scarlet fever, yaitu infeksi bakteri streptococcus yang sering menjangkiti anak-anak. Karena bukan hanya penyakit kulit, gejala yang muncul biasanya disertai nyeri tenggorokan, lidah membengkak, demam tinggi, dan sakit kepala. Penyakit ini mudah menular, melalui batuk, melalui sentuhan, atau karena berbagi handuk, selimut dan pakaian yang sudah terkontaminasi. Untuk penyakit ini dokter biasanya memberikan antibiotik.

 

Ruam di seluruh tubuh juga dapat disebabkan oleh campak, yaitu infeksi yang disebabkan oleh virus dan sangat menular. Campak dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Gejalanya adalah mata merah dan peka terhadap cahaya, radang tenggorokan, demam, hidung beringus atau tersumbat, selain bercak putih keabuan pada mulut dan tenggorokan.

 

Skabies atau kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei yang dicirikan dengan adanya keropeng, kebotakan, dan gatal pada kulit. Yang merepotkan dari gangguan kulit ini adalah karena tungau ini rajin membentuk terowongan di lapisan tanduk dan meletakkan telur-telur mereka setiap hari di sepanjang terowongan tadi. Telur itu kemudian menetas dalam 2-4 hari menjadi larva yang 1-2 hari kemudian menjadi tungau betina yang siap kawin dengan tungau jantan. Tungau bisa didapatkan dari orang lain yang dekat dengan buah hati bunda, atau dari anjing atau kucing kurang terawat yang mungkin pernah dibelai-belai oleh buah hati bunda.

 

Penyebab ruam dan gangguan kulit pada buah hati bunda sangat beragam. Kadang-kadang penyebabnya jelas. Kadang-kadang tidak jelas. Kadang-kadang memang penyakit kulit, kadang-kadang terkait dengan penyakit lain. Kalau penyebabnya jelas, misalnya untuk kasus dermatitis kontak alergi, bunda tinggal membersihkan tubuh buah hati bunda, memberinya pereda gatal. Keluhan akan hilang dengan sendirinya. Dan setelah itu bunda tinggal mencegah kejadian yang sama terulang lagi. Namun kalau kasusnya berat, bunda dapat membawanya ke dokter untuk penanganan lebih tepat. ***

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: