ARTIKEL

Ini Dia 6 Dampak Jika Si Kecil Kekurangan Vitamin!

Oct 22, 2018 2:15pm

Vitamin merupakan zat gizi penting yang sangat dibutuhkan dan memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh sebagai pengatur proses kegiatan tubuh, bersumber dari makanan, minuman dan sinar matahari. Vitamin terbagi 2 jenis yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B & C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E & K). Karena perannya yang begitu penting guna pertumbuhan dan perkembangan maka bunda sebaiknya memahami dampak yang ditimbulkan jika si kecil kekurangan vitamin.

 

  1. Kekurangan vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi esensial yang mengandung retinol untuk membantu fungsi mata agar dapat melihat  dengan baik, kesehatan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh dan tumbuh kembang anak. Berikan si kecil cukup vitamin A yang dapat bunda peroleh pada kuning telur, susu, mentega, minyak ikan serta  buah-buahan dan sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, bayam, pisang papaya, tomat, wortel. Dampak yang akan timbul jika anak kekurangan vitamin A diantaranya gangguan pengelihatan berat, rabun senja pada bayi, daya tahan tubuh menurun, terhambatnya proses pertumbuhan dan dapat meningkatkan risiko terserang anemia akibat kekurangan zat besi pada anak perempuan.

 

  1. Kekurangan vitamin B

8 jenis vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B12, dan asam folat) dengan fungsinya masing-masing, sangat dibutuhkan si kecil guna menjaga sistem saraf, pencipta nafsu makan, sumber energi, perkembangan otak, pertumbuhan sel darah merah, dan kesehatan kulit. Vitamin B alami dapat diperoleh dari nasi, sereal, biji-bijian, ikan, ayam, daging, telur, produk susu, sayur dan buah. JIka kebutuhan vitamin B tidak terpenuhi dengan baik maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti beri-beri, infeksi mulut dan sariawan, kelelahan dan anemia.

 

  1. Kekurangan vitamin C

Peran penting vitamin C untuk tumbuh kembang anak salah satunya adalah menjaga sistem imun dan kekebalan tubuhnya untuk melawan penyakit  juga masa penyembuhan. Selain itu juga untuk memperbaiki dan membentuk sel-sel darah merah, kulit, tulang, rambut dan kuku.  Sumber vitamin C berasal dari sayuran dan buah-buahan berwarna terang seperti jeruk, papaya, tomat, brokoli dan bayam. Kekurangan vitamin C pada anak akan mengakibatkan sering sakit  dan lama sembuh, batuk dan pilek, mimisan, radang gusi, dan tampak lelah.

 

  1. Kekurangan vitamin D

Membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga imun tubuh si kecil merupakan peranan penting dari vitamin D. Sumber vitamin D yang sangat alami berasal dari sinar matahari pagi, akan tetapi bunda juga dapat memenuhi kecukupan vitamin D pada anak dengan memberikan kacang-kacangan, salmon, ikan tuna, makarel, yogurt, margarin dan kuning telur dalam jumlah yang cukup.  Kenali dampak anak kekurangan vitamin D untuk mencegah osteoporosis dini, gangguan tulang,  kejang dan gangguan otot jantung dan masalah pertumbuhan pada anak.

 

  1. Kekurangan vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk pertumbuhan sel-sel saraf dan perkembangan jaringan saraf serta otak, kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan juga menjaga kesehatan mata. Vitamin E alami dapat diperoleh dengan memberikan si kecil kiwi, brokoli, manga, ikan, ayam, kuning telur, kacang almond, kacang tanah dan minyak tumbuh-tumbuhan.  Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan sejumlah gangguan saraf pada anak, seperti cenderung berisiko tinggi mengalami gangguan keterampilan dan fungsi tubuh, seperti masalah belajar dan metabolik.

 

  1. Kekurangan vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang yang dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan seperti  bayam, brokoli, kacang-kacangan, daging, telur, stroberi, sereal, serta minyak sayur. Vitamin K masuk ke dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak yang sangat memiliki peran penting sejak bayi didalam kandungan. Kekurangan vitamin K berdampak besar, misalnya ketika  mengalami luka sekecil apapun tak akan henti mengeluarkan darah bahkan dapat membuat perdarahan hebat, begitupula dengan memar hanya karena cedera kecil akan timbul memar yang besar.

 

Tags:

Halaman