Demam Ringan: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Aug 03, 2015 4:34pm

Yang disebut demam ringan adalah demam yang tidak terlalu tinggi, tetapi cukup mengganggu aktivitas dan kenyamanan buah hati bunda. Penyebabnya bermacam-macam, dari vaksinasi, tumbuh gigi, cedera, masuk angin, sampai terserang virus atau kuman.

 

Apabila sistem pertahanan tubuh buah hati bunda cukup terjaga dan kuat, demam ringan tidak sampai membuat bunda merasa cemas. Istirahat yang cukup pun biasanya sudah berhasil mengatasi gangguan seperti itu. Akan tetapi rasa sayang terhadap buah hati akan membuat banyak di antara bunda yang ingin berbuat sesuatu.

 

Apabila pada suatu ketika bunda terpaksa harus menempuh perjalanan jauh tetapi tidak dapat meninggalkan sang buah hati, ada upaya yang dapat dilakukan untuk menghindarkannya dari masuk angin. Bunda dapat memberinya Sirup Masuk Angin Inzana, sejenis sirup dalam kemasan sachet khusus untuk anak, terbuat dari bahan-bahan alami yang aman. Tiap sachet (5ml) mengandung campuran ekstrak yang terdiri atas Zingiberis rhizoma (jahe), Usneae thallus (kayu angin), Oleum anisi, Oleum menthae, dan Oleum caryophylli. Untuk anak-anak di atas 3 tahun, minum 3 kali sehari 1 sachet sampai kondisi membaik. Boleh langsung diminum atau dicampur dengan setengah gelas air hangat. Sebaiknya dikonsumsi sesudah makan dan jangan lupa mengocoknya terlebih dahulu sebelum diberikan.

 

Seandainya demam ringan masih terasa padahal buah hati bunda sudah beristirahat, bunda dapat mencoba memberikan pertolongan pertama dengan memberinya tablet kunyah penurun panas akibat demam Inzana yang sekaligus dapat meredakan rasa nyeri yang ikut membuat sang buah hati rewel.

 

Tablet kunyah penurun demam dan pereda nyeri pada anak ini mengandung asam asetil salisilat 80 mg dan perasa sari jeruk. Guna mengurangi kemungkinan terjadi iritasi lambung, obat ini dianjurkan diminum sesudah makan atau bersama makanan. Asam asetil salisilat memiliki khasiat analgesik (meringankan rasa sakit) dan antipiretik (menurunkan panas).

 

Yang menjadi masalah adalah ketika demam ringan ternyata hanya babak awal dari serangan penyakit yang lebih serius. Apabila setelah dua hari demam tidak turun atau lima hari nyeri tidak menghilang, hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan guna mendapatkan perawatan dan tindakan yang tepat. Reaksi negatif apa pun yang terjadi setelah bunda memberikan obat ini (karena reaksi setiap orang terhadap obat yang sama bisa berbeda) juga akan mengharuskan bunda segera membawanya ke unit pelayanan kesehatan terdekat.***

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: