ARTIKEL

Cek Dulu yuk, Apakah Ciri Anak Sehat Ini Sudah Ada pada si Kecil?

Oct 28, 2021 10:03am

Sebagai orang tua, Bunda perlu memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Anak yang sehat dan ceria memiliki tumbuh kembang yang optimal. Namun kebanyakan anak di bawah usia 3 tahun sulit untuk mengomunikasikan apa yang mereka rasakan, terlebih saat sakit.

Oleh karena itu, Bunda perlu lebih jeli memperhatikan beberapa tanda yang menunjukkan anak dalam kondisi sehat. Berikut ini ciri-ciri anak sehat yang perlu Bunda ketahui:

  1. Proses Tumbuh Kembang Sesuai Tingkatan Usia

Bunda perlu mempelajari tahapan perkembangan anak sesuai usia. Perhatikan perkembangan kemampuan motorik, sensorik, serta kognitifnya. Seperti kapan waktunya anak bisa duduk, merangkak, berjalan, hingga mengucapkan satu kata. 

Idealnya, anak mulai belajar duduk di usia 4 bulan, lalu ia akan mulai merangkak di usia 6-10 bulan. Setelah bisa bertumpu, anak akan mulai merambat dan belajar berjalan di usia 9-12 bulan. Sementara untuk kemampuan bicara, umumnya bayi mulai bisa berceloteh di usia 4 bulan dan bisa mengucapkan kata dengan lebih jelas di usia 6-12 bulan.

Tahap tumbuh kembang bisa berbeda-beda pada setiap anak. Sehingga jika si kecil belum bisa melakukan yang bayi lain lakukan, Bunda tidak perlu terlalu khawatir. Asalkan tumbuh kembangnya masih berada pada milestone yang telah ditetapkan oleh dokter, maka variasi waktu adalah hal yang wajar.

Namun, jika ada tahapan yang terlewat atau terlambat dari milestone ideal, sebaiknya Bunda segera lakukan konsultasi dengan dokter anak.

  1. Anak Terlihat Lebih Aktif, Lincah dan Ceria

Anak yang sehat lebih sering bergerak aktif, senang bermain dan terlihat ceria. Jika Bunda melihat si kecil lebih sering berdiam diri dan murung, berikan ia stimulasi dengan mengajaknya bermain atau berbicara.

  1. Punya Nafsu Makan yang Baik

Anak sehat cenderung semangat dan antusias melahap makanannya. Si kecil juga tidak mengalami gangguan dalam mengunyah, khususnya pada anak usia di atas satu tahun. Untuk anak usia di bawah satu tahun, ciri anak sehat terlihat dari hasratnya untuk mengisap dan meminta untuk menyusu. Hal ini menunjukkan anak memiliki nafsu makan serta sistem pencernaan yang baik.

  1. Mata Bersih dan Bersinar

Tanda anak sehat lainnya adalah memiliki mata yang bersih dan bersinar. Anak akan menunjukkan kontak mata yang responsive saat diajak bicara. Untuk menstimulasinya, Bunda bisa mengajaknya berbicara setiap kali ada kesempatan. Seperti ketika ia mandi, makan, bermain, dan sebelum tidur.

  1. Bibir dan Lidah Anak Tampak Segar

Anak yang sehat juga memiliki bibir yang segar dan tidak terlihat kering. Pada bagian lidah anak yang sehat juga berwarna merah, tidak ada bercak-bercak putih yang disebabkan jamur atau infeksi bakteri lainnya.

  1. Kulit, Gigi dan Kuku Tampak Bersih

Ciri anak sehat lainnya terlihat pada kondisi kulit, gigi, dan kuku yang tampak bersih. Jika pernapasan anak berbau, umumnya disebabkan karena gigi dan mulut yang kurang terawat sejak kecil. Rambut anak juga tidak mudah rontok, berkilau, serta kulit kepala yang bersih dan tidak mengelupas.

  1. BAB (Buang Air Besar) Lancar dan Rutin

Nafsu makan yang baik memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang. Jika si kecil memakan makanannya dengan lahap, ini menjadi salah satu tanda tidak ada gangguan mengunyah atau menelan makanan. Begitu pula dengan sistem pencernaannya yang sehat dengan ditandai buang air besar lancar dan teratur.

Jika anak mengalami gangguan kesehatan pada masa pertumbuhannya, maka bisa membuat tumbuh kembangnya terganggu. Sebaiknya, Bunda memiliki pertolongan pertama dengan obat-obatan yang terjamin kualitasnya dari Konimex untuk memastikan kondisi anak tetap sehat.

Tags:

Halaman