ARTIKEL

Cara Mengembangkan Kemampuan Anak Berhitung

Jul 30, 2020 10:28am

Kemampuan anak untuk berhitung adalah kemampuan dasar yang membantu si kecil berkomunikasi dengan tepat soal jumlah dan membantunya berpikir dengan lebih logis karena gaya berpikir matematis yang diterapkan saat berhitung itu sendiri.

 

Membantu kemampuan anak berhitung untuk berkembang memang tidaklah mudah, apalagi mengingat bahwa setiap anak itu berbeda dalam minat serta daya tangkapnya. Itu sebabnya Bunda juga harus lebih kreatif saat akan mengajarkan si kecil agar lebih mahir berhitung. Berikut ini ada beberapa cara yang efektif yang bisa Bunda lakukan untuk mengembangkan kemampuan berhitung si kecil.

 

Berkenalan dengan angka

Cara mengembangkan kemampuan anak berhitung yang pertama adalah mengenalkannya dengan angka. Bunda bisa ajak si kecil untuk menirukan suara Bunda ketika menyebutkan nama-nama angka. Setelah si kecil sudah dapat meniru dengan jelas kata per kata angka, Bunda bisa mulai terapkan ke dalam kalimat sambil menggunakan contoh benda atau barang yang ada di sekitar Bunda.

 

Misalnya “satu buku” sambil mengangkat satu buku, “satu mobil-mobilan” sambil menunjuk mainan milik si kecil, atau “satu bola” sambil menunjuk mainan lainnya. Setelah itu, mintalah si kecil menunjuk benda-benda di sekitar yang juga berjumlah sama. Lakukan dengan angka lainnya di berbagai tempat dan kesempatan.

 

Berhitung menggunakan makanan

Setelah sudah memahami konsep angka, Bunda bisa meningkatkan kemampuan anak dengan menggunakan makanan. Misalnya saat si kecil minta menambahkan tahu untuk makanannya, tanyakan berapa banyak tahu yang ia inginkan. Lalu minta ia coba hitung berapa banyak tahu yang sudah Bunda tambahkan.

 

Saat mengolah makanan atau buah kesukaan si kecil, Bunda juga bisa memanfaatkan ini untuk mengajari si kecil berhitung. Tunjukkan buah apel yang hendak di cuci di dalam wadah. Lalu minta tolong si kecil untuk menghitung ada berapa banyak apel yang ia miliki.

 

Bisa juga Bunda manfaatkan momen saat si kecil akan menyantap potongan-potongan buah apel yang sudah Bunda sediakan. Ajak si kecil bersama-sama menghitung ada berapa banyak potongan apel di dalam wadah makannya. Lalu setelah beberapa saat dimakan oleh si kecil, Bunda dapat memintanya berhitung lagi potongan apel yang tersisa.

 

Menggunakan lagu

Cara melatih kemampuan anak berhitung dengan menggunakan lagu juga terkenal sangat efektif. Musik memang dinilai ampuh membuat anak lebih cepat mengingat dan menghafal. Bunda tinggal mencari beberapa lagu anak yang menyertakan angka di dalamnya. Lagu-lagu khusus yang dibuat untuk melatih kemampuan anak berhitung ini juga banyak ditemukan di internet. Bisa Bunda putarkan dan nyanyikan bersama si kecil.

 

Memakai mainan

Anak-anak paling senang menghabiskan waktunya untuk bermain, maka tidak ada salahnya Bunda juga mengembangkan kemampuan anak berhitung dengan memakai mainan-mainannya. Misalnya saat ia akan mengambil mainannya, Bunda bisa mengajak si kecil menghitung ada berapa banyak mainan yang dimilikinya.

 

Setelah itu ajak si kecil mengelompokkan mainan sesuai jenisnya, lalu ajak ia berhitung kembali jumlah mainan per jenis kelompok yang sudah dikelompokkan. Cara ini juga bisa Bunda manfaatkan untuk mengajarkan si kecil mengenai konsep pengurangan dan penjumlahan sederhana. Misalnya tanyakan pada mereka jika Bunda menyimpan sekian jumlah mainan miliknya, ada berapa banyakkah yang tersisa? Minta si kecil menghitung kembali.

 

Memanfaatkan aplikasi berhitung

Cara terakhir yang bisa Bunda lakukan untuk melatih kemampuan anak dalam berhitung adalah menggunakan aplikasi di smartphone Bunda. Ada banyak sekali jenis aplikasi berhitung yang bisa Bunda download dan install agar si kecil dapat belajar dengan lebih seru.

 

Beberapa aplikasi untuk mengenali angka, mengenali tanda matematika, dan mengenalkan si kecil dengan pengurangan dan penjumlahan bahkan didesain dengan UI/UX yang menarik agar si kecil tidak cepat bosan. Di level permainan berhitung yang lebih tinggi, si kecil juga akan diajarkan tentang perkalian dan pembagian.

 

Saat si kecil sedang bermain aplikasi berhitung, pastikan Bunda selalu mendampingi mereka agar mereka bisa langsung bertanya ketika ada kesulitan. Selain itu, penting juga untuk memastikan si kecil tidak menatap layar smartphone terlalu lama. Waktu screen time paling lama per harinya adalah dua jam. Ini pun sebaiknya harus dibagi, boleh dua kali sejam sehari, atau empat kali setengah jam sehari.

Tags:

Halaman