ARTIKEL

Cara Bantu Anak yang Susah Fokus Ketika Sekolah Online

Aug 26, 2020 10:39am

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, sekolah di seluruh dunia secara terpaksa ditutup demi mengurangi penyebaran virus di kalangan siswa dan guru. Walaupun sekolah tutup, tidak berarti kegiatan belajar-mengajar juga dihentikan. Dikarenakan siswa dan guru tidak bisa saling bertemu fisik, siswa pun harus belajar melalui konsep sekolah online.

 

Perubahan yang sangat signifikan ini tentu membutuhkan waktu, dukungan, dan kesabaran orang tua agar anak dapat beradaptasi dan belajar dengan lancar. Hal yang paling sering dialami anak ketika sekolah online adalah kurang fokus, bermalas-malasan, sampai menunda tugas. Memang tidak mudah membuat anak fokus ketika sekolah online, namun Bunda bisa pelajari beberapa cara di bawah ini agar dapat membantu anak belajar semaksimal mungkin.

 

Buat daftar aktivitas

Berbagai macam bahan pelajaran dan pekerjaan rumah pasti akan membuat anak Bunda kewalahan, namun Bunda dan si kecil dapat membuat daftar aktivitas atau to do list untuk memastikan semua tugas terselesaikan dengan tepat waktu.

 

Buatlah daftar aktivitas sejelas mungkin. Bunda dapat membuat daftar per hari maupun per minggu, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anak Bunda. Dengan membuat daftar aktivitas yang jelas dan lengkap, anak akan belajar untuk fokus menyelesaikan satu tugas sebelum memulai tugas yang lain.

 

Jika satu tugas sudah diselesaikan, jangan lupa untuk dicoret untuk menandakan tugas mana saja yang sudah dituntaskan. Cara yang sederhana ini dapat membantu anak untuk lebih fokus dalam menyelesaikan tugas sekolah online.

 

Tentukan ruang belajar sekolah online

Siapkan satu area di rumah untuk menjadi tempat khusus anak belajar dan melakukan kegiatan sekolah online. Pastikan ruangan ini bersuasana tenang dan memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk belajar anak, seperti buku, alat tulis, dan laptop.

 

Daftar aktivitas yang telah dibuat bisa juga ditaruh di sekeliling ruang belajar untuk mengingatkan anak akan tugas yang harus diselesaikan. Contohnya bisa ditaruh di sticky notes untuk ditempelkan di pinggir layar laptop atau di tembok ruangan.

 

Kurangi distraksi

Pastikan di dalam ruang belajar tidak ada gangguan yang dapat memperlambat proses belajar sekolah online. Fokus anak-anak pada umumnya sangat mudah terganggu dan konsentrasi mereka pun cepat buyar. Maka dari itu, barang-barang seperti TV, telepon genggam, maupun mainan lainnya sebaiknya dikeluarkan dari ruang belajar anak.

 

Saat anak sudah menyelesaikan tugas tertentu, barulah Bunda boleh memberikan hal-hal tersebut kepada anak. Cara ini juga bisa dijadikan penyemangat agar anak termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

 

Atur waktu istirahat

Melakukan sekolah online akan merubah seluruh aktivitas sehari-hari, jadi pastikan Bunda konsisten dalam mengatur jadwal anak. Jadwal harus mencakup jadwal sekolah online, melakukan pekerjaan rumah, istirahat, dan bermain.

 

Walaupun Bunda ingin anak menyelesaikan tugas dengan cepat, namun belajar dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat tidak akan efektif dan malah akan membuat fokus anak cepat buyar. Tentukan waktu tertentu tiap harinya agar anak bisa rehat dan menyegarkan pikirannya, sehingga si kecil bisa konsentrasi dalam belajar setelahnya.

 

Pastikan juga anak tidak kekurangan tidur pada malam hari agar energi anak tersimpan dengan baik dan siap menjalani sekolah online dengan produktif keesokan harinya.

 

Banyak bertanya pada guru

Setelah menerapkan beberapa cara di atas untuk sekolah online yang efektif, pastikan juga Bunda berkonsultasi kepada guru anak mengenai metode pembelajaran sekolah online. Pastinya guru dapat memberikan beberapa panduan agar sekolah online berjalan dengan sukses meski dilakukan di rumah.

 

Pertanyaan yang Bunda dapat lontarkan ke guru bisa seperti berapa banyak waktu yang sebaiknya dihabiskan anak Bunda untuk belajar melalui sekolah online, sebab screen time setiap anak dapat berbeda-beda, tergantung dengan umur dan kelas. Selain itu, Bunda juga bisa tanyakan apa jenis aktivitas sekolah online yang paling cocok dengan anak Bunda serta rekomendasi platform sekolah online yang dapat membantu anak belajar di luar jam sekolah.

 

Hasil dari konsultasi dengan guru dapat membantu Bunda untuk menciptakan pengalaman

belajar yang seru melalui sekolah online untuk anak Bunda. Memang tidak mudah mengubah rutinitas sehari-hari dengan perubahan sekolah yang dilakukan online. Namun, dengan beberapa tips dan trik di atas, Bunda pasti bisa membuat anak lebih semangat belajar dari rumah!

Tags:

Halaman