Cara Alami Meredakan Batuk Pada Anak

Oct 24, 2016 3:53pm

Batuk merupakan gejala penyakit yang sering dialami oleh anak-anak bahkan bisa dikatakan penyakit tersebut sudah menjadi langganan untuk si kecil, batuk yang dialami si kecilpun sering kali disertai dengan pilek. Terkadang bila si kecil terserang batuk, untuk meredakannya bunda memberikan obat-obatan untuk si kecil, padahal bila si kecil terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia dapat menyebabkan ginjal si kecil rusak. Alangkah baiknya bunda segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, agar batuknya dapat ditangani dengan tepat dengan pemberian obat serta dosis yang diberikannya.

 

Adapun tindakan lain yang dapat bunda lakukan untuk meredakan batuk dan pilek si kecil adalah dengan cara alami, hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek samping yang dapat timbul apabila si kecil terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia tersebut.

 

Oke, mari sekarang kita bahas cara mengatasi si kecil yang mengalami batuk serta pilek. Adapun beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk si kecil adalah sebagai berikut :

  • Bunda dapat memberikan madu dan lemon saat si kecil mengalami batuk dan pilek. Caranya: campurkan satu sendok teh madu dan lemon dalam air hangat. Cara tersebut berguna untuk melegakan tenggorokan yang gatal dan mengatasi infeksi. Karena saat si kecil mengalami batuk dan pilek biasanya anak akan merasakan tenggorokan gatal dan sulit untuk bernapas akibat hidungnya yang tersumbat. Namun pemberian ini jangan dilakukan pada si kecil yang berusia di bawah 1 tahun, untuk menghindari botulisme atau keracunan karena penggunaan madu sebaiknya diberikan sesuai dengan usia si kecil.
  • Bunda dapat memberikan kunyit dengan cara: campurkan satu jumput bubuk kunyit dengan susu yang biasa dikonsumsi oleh si kecil dengan memberikannya sebanyak 2x sehari. Karena kunyit merupakan rempah-rempah alami yang baik untuk meredakan batuk si kecil. Pemberian ini dapat bunda lakukan untuk si kecil yang sudah berusia 3 tahun keatas
  • Uap, dengan menggunakan uap yang di hasilkan oleh air panas dapat membantu melancarkan hidung si kecil yang tersumbat. Caranya: nyalakan air panas dalam kamar mandi atau bunda juga bisa tuangkan air panas dalam satu wadah atau ember yang sudah bunda siapkan, tutup pintu kamar mandi hingga menghasilkan uap lalu duduklah bersama si kecil di dalam ruangan tersebut kurang lebih 15-20 menit. Lakukan terapi ini 2x sehari.
  • Minyak pijat. Bunda bisa memberikan pemijatan lembut untuk si kecil menggunakan minyak kayu putih atau vaporbalm dengan cara mengusapkan ke dada dan punggung si kecil, untuk memberikan rasa hangat dan melegakan pernafasannya. Cara tersebut dapat membuat si kecil tidur dengan nyenyak, namun jangan di usapkan di bawah hidung si kecil ya bunda.
  • Hindari makananan dan minuman seperti coklat, es, permen, atau makanan yang berminyak lainnya yang dapat merangsang timbulnya batuk dan hindari juga si kecil dari asap rokok yang dapat memungkinkan terhirup, karena dapat memperparah batuk.

 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mengobati batuk si kecil secara alami. Namun bila batuk si kecil tak kunjung sembuh dan menemukan gejala-gejala seperti seperti sulit bernafas hingga mengakibatkan bibir si kecil membiru atau demam tinggi, segera bawa si kecil ke dokter spesialis anak atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan secara medis.

 

 

Halaman:

Recommended Article


Our Channels: