ARTIKEL

Benarkah Batuk Berdahak Bisa Diredakan dengan Metode Penguapan?

Aug 01, 2022 10:11am

Metode penguapan atau terapi uap diyakini dapat membantu meredakan batuk berdahak. Cara ini terbilang lebih nyaman dilakukan dan relatif lebih murah. Meski efeknya hanya sementara, terapi uap membantu melegakan pernapasan, apalagi saat tubuh sedang terserang batuk berdahak dan pilek.

Apa itu metode penguapan (terapi uap)?

Terapi uap atau metode penguapan untuk meredakan batuk disebut juga steam therapy. Terapi ini dilakukan dengan cara menghirup uap air. Udara yang lembap dan hangat ini kemudian bekerja mengencerkan lendir yang menempel di saluran pernapasan, tenggorokan, serta paru-paru.

Jenis terapi ini dapat meredakan gejala akibat meradangnya pembuluh darah di saluran pernapasan. Namun perlu diingat Bunda, terapi uap bukanlah obat untuk mengatasi infeksi virus atau bakteri. Terapi uap dapat menjadi pilihan untuk meredakan gejala dan membuat tubuh lebih nyaman.

Manfaat Metode Uap

Metode penguapan atau terapi uap memiliki membantu melegakan tenggorokan dan pernapasan. Berikut ini 3 manfaat metode uap yang perlu Bunda ketahui:

 

  • Mengencerkan Dahak

 

Uap air yang dihirup membantu mengencerkan dahak sehingga akan lebih mudah dikeluarkan. Meski hanya sementara, cara ini membantu si kecil bernapas dengan normal kembali. Cara ini juga sangat membantu terutama saat tubuh sedang berjuang melawan virus.

 

  • Melegakan Pernafasan

 

Lendir atau dahak menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan setelah menghirup uap hangat. Hal ini tentu sangat membantu dalam melegakan pernapasan. Si kecil pun bisa bernapas dengan normal kembali.

 

  • Mencegah Radang 

 

Infeksi saluran pernapasan atas turut memicu iritasi pada pembuluh darah. Batuk dan hidung berair terjadi karena adanya peradangan di pembuluh darah sinus. Menghirup uap air yang hangat dan lembap membantu meredakan iritasi dan peradangan.

Meski sangat membantu melegakan pernapasan saat batuk pilek, Bunda perlu lebih berhati-hati bila akan melakukan cara ini pada anak-anak. Si kecil bisa saja tanpa sengaja menyentuh air panas. Untuk menyiasatinya, Bunda bisa meminta anak duduk di kamar mandi yang sebelumnya sudah diletakkan air hangat.

Selain menggunakan metode penguapan, Bunda juga perlu memberikan obat batuk khusus anak. Bunda bisa berikan Anakonidin, sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak atau Anakonidin Mucolytic & Expectorant, sirup obat batuk dengan rasa blueberry untuk meredakan batuk berdahak pada anak yang mampu encerkan dahak pada saluran napas dan mempermudah pengeluaran dahak pada anak. Segera bawa si kecil ke dokter bila kondisi kesehatannya tak kunjung membaik.

Tags:

Halaman