ARTIKEL

Barang Wajib Dalam Kotak P3K Bunda

Jan 23, 2017 2:33pm

 

Kapas Bersih

 

Kapas bersih berguna untuk membersihkan luka ataupun membantu dalam mengoleskan alkohol atau obat antiseptic. Sehingga, tetap terjaga kebersihannya.

 

 

 

  • Cotton Bud

 

Cutton bud memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh dengan kapas.

 

 

 

  • Alkohol 70%

 

Alkohol 70% merupakan disinfektan kuat untuk kulit. Alkohol ini sangat berguna untuk membersihkan bagian kulit agar steril dan juga dapat menghilangkan kuman dan berbagai jenis virus. Tapi, alkohol ini tidak baik kulit yang sesintif atau tipis. Jadi Bunda, sebaiknya jangan gunakan alkohol apabila luka berada di area kulit yang sensitif ya, seperti muka.

 

 

 

  • Sabun Anti-Bakteri

 

Untuk sabun antibakteri, sebaiknya Bunda menyimpan sabun anti-bakteri yang telah di rekomendasikan oleh dokter.

 

  • Krim Anti-Bakteri

 

Krim anti-bakteri dapat digunakan pada luka teiriris atau lecet.

 

  • Gunting

 

Gunting berguna untuk memudahkan dalam memotong perban, atau yang lainnya.

 

  • Krim Pengusir Nyamuk

 

Sediakan krim pengusir nyamuk yang aman untuk anak-anak ya Bunda.

 

  • Obat Batuk

 

Batuk menjadi salah satu penyakit yang cukup sering menyerang anak, maka dari itu, Bunda harus menyediakan obat batuk untuk anak. Untuk memilih obat batuk, sebaiknya Bunda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis obat batuk mana yang cocok untuk si buah hati bedasarkan usianya.

 

  • Termometer

 

Apabila musim hujan tiba, seringkali anak mengalami panas demam akibat perubahan suhu untuk itu Bunda perlu memiliki alat termometer yang sangat berguna untuk mengukur suhu tubuh anak apabila anak tiba-tiba terserang panas demam. Khusus untuk anak sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis termometer mana yang cocok untuk si buah hati berdasarkan usianya.

 

  • Obat Pereda Rasa Sakit

 

Khusus pada anak, sebaiknya Bunda jangan menggunakan aspirin, untuk anak-anak lebih baik Bunda gunakan paracetamol. Pastikan Bunda menyimpan obat-obatan tersebut di tempat tertutup dan aman dari jangkauan anak. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa obat secara berkala, segera singkirkan obat yang sudah melewati tanggal batas pemakaian.

 

 

 

Betapa pentingnya mempersiapkan kotak P3K untuk di rumah, karena dengan adanya P3K di rumah dapat membantu Bunda mengobati keluarga di rumah yang tiba-tiba cidera ataupun sakit, sehingga cepat mendapatkan pertolongan pertama yang dimaksudkan agar sakit atau cidera yang diderita tidak menjadi parah atau bahkan fatal dan juga dapat membantu keluarga yang sakit agar dapat bertahan sampai mendapatkan penanganan medis dari rumah sakit.


Tags:

Halaman