ARTIKEL

Bantu Anak Mengatur Jadwal Rencana Belajar Yuk, Bund!

Jun 02, 2022 9:21am

Setelah seharian belajar di sekolah, anak mungkin enggan untuk kembali belajar di rumah. Namun belajar di rumah tetap harus dilakukan untuk membantu anak memahami materi yang telah dipelajarinya. Lalu bagaimana cara agar si kecil mau belajar secara rutin di rumah?

Untuk menyiasatinya, Bunda perlu membantu anak mengatur jadwal belajarnya. Berikut ini beberapa tips mengatur jadwal rencana belajar anak agar terasa lebih menyenangkan:

  1. Buat waktu belajar yang konsisten

Konsisten dan disiplin adalah kunci utama keberhasilan, termasuk dalam hal belajar. Dua hal ini membantu anak mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Ajarkan juga si kecil untuk tidak menunda - nunda mengerjakan tugas atau pekerjaan di rumah.

  1. Pastikan lingkungan membantu anak fokus belajar di jam tersebut

Lingkungan yang tenang dan nyaman akan membuat anak lebih fokus dalam belajar. Sebaliknya, lingkungan yang bising seperti suara televisi yang kencang atau suara bising kendaraan dapat mengganggu daya fokus anak ketika belajar. Ciptakan suasana dan lingkungan belajar yang tenang, seperti mematikan televisi dan menjauhkan ponsel dari si kecil. Pilih juga ruangan yang jauh dari suara bising kendaraan.

  1. Perhatikan durasi waktu belajar agar tidak terlalu lama

Setiap anak memiliki kemampuan belajar serta durasi fokus yang berbeda. Jangan paksakan anak belajar terlalu lama di rumah. Jika kemampuan fokus anak hingga 2 jam, maka hindari memaksa anak belajar dengan durasi lebih dari 2 jam. Apabila dipaksakan, hal ini malah membuat anak tidak dapat memahami materi yang sedang dipelajarinya.

  1. Temani anak belajar jika memungkinkan

Sisihkan waktu untuk menemani anak belajar di tengah kesibukan Bunda. Bantu anak menyelesaikan tugas atau pekerjaan rumah yang sulit diselesaikannya sendiri. Bila kesulitan, Bunda bisa meminta bantuan ahli seperti teman atau kerabat. Tidak hanya meningkatkan bonding, menemani anak belajar juga membantunya untuk lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugasnya.

  1. Ajak anak berdiskusi tentang metode belajar di rumah yang disenanginya

Agar waktu belajar lebih efektif, Bunda bisa mengajak anak berdiskusi tentang metode dan gaya belajar apa yang akan digunakan. Menentukan gaya belajar sesuai keinginan anak akan membuatnya lebih senang belajar dan tidak cepat jenuh. Cara ini juga efektif membantu si kecil lebih mudah menyerap materi yang sedang dipelajarinya.

Tags:

Halaman