ARTIKEL

Bahan Dapur yang Gampang Dicari Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba

Oct 03, 2022 12:22pm

Bunda, pasti sudah tidak asing ya jika si kecil mudah terserang penyakit di masa pergantian musim atau pancaroba? Musim pancaroba memang membuat suhu udara jadi fluktuatif. Tidak heran kalau hal ini pun memengaruhi tingkat daya tahan tubuh anak. 

 

Untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh agar anak tidak sakit di musim pancaroba, sebenarnya Bunda bisa kok menggunakan beberapa makanan dan bahan makanan yang mudah ditemukan di dapur. Apa saja?

 

  1. Jahe

Bahan dapur pertama yang bisa Bunda pakai adalah jahe. Jahe memang sudah sejak lama digunakan untuk membuat makanan dan minuman yang bisa menghangatkan badan. Jahe termasuk ke kategori rempah-rempah dan dikenal sebagai obat alami penangkal masuk angin, antiperadangan dan antibakteri. Untuk membuat minuman jahe hangat, Bunda hanya perlu merebus jahe yang sudah dikupas dan digeprek. Kemudian, campurkan dengan madu atau susu untuk menambah kenikmatan rasanya.

 

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Beragam masakan Indonesia sepertinya kurang lezat jika tidak dimasak menggunakan bawang merah dan bawang putih. Selain bisa membuat makanan jadi enak, bawang merah dan bawang putih juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuan ini dimiliki bawang putih karena mengandung Allicin. Sementara bawang merah dikenal memiliki manfaat antibakteri dan antiseptik yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

 

  1. Buah-Buahan Tinggi Vitamin C

Bukan rahasia lagi kalau vitamin C punya peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat vitamin C secara alami, Bunda bisa menambahkan buah-buahan tinggi vitamin C dalam menu makanan si kecil. Tidak hanya jeruk, namun buah stroberi, jambu, hingga kiwi juga bisa jadi pilihan.

 

  1. Teh Hijau

Orang Indonesia juga sudah terbiasa mengonsumsi teh hijau. Selain nikmat untuk diseduh saat hujan, teh hijau juga punya kandungan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. teh hijau mengandung antioksidan dan polifenol yang tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung flavonoid. Senyawa ini diyakini bisa juga mencegah risiko diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

 

  1. Kaldu Ayam

Kaldu ayam memang bisa membuat makanan jadi lebih lezat, terutama makanan berkuah seperti sup. Tapi selain itu, kaldu ayam juga punya kandungan gizi yang tinggi. Kaldu ayam punya lebih dari 19 asam amino esensial dan nonesensial, Bunda. Asam amino inilah yang menjadi bahan penyusun protein dan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

 

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang jadi bahan makanan yang mengandung banyak sekali vitamin dan serat. Beragam nilai gizi inilah yang akhirnya membantu daya tahan tubuh anak lebih kuat untuk menghadapi perubahan di musim pancaroba. Pastikan Bunda selalu menambahkan sayuran hijau di menu makanan si kecil ya.

 

Nah, untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Bunda bisa menambahkan bahan makanan tersebut ke menu makan keluarga. Meski begitu, demam pada anak dapat terjadi kapan saja.

Sediakan selalu obat-obatan untuk anak yang aman dan terpercaya yang bisa Bunda beli di Konimexstore. Terutama obat demam yang merupakan gejala umum pada hampir semua penyakit.

Bunda bisa mengandalkan Termorex saat anak demam karena Termorex merupakan sirup obat penurun panas anak tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak, termasuk setelah imunisasi, ketika sakit kepala dan sakit gigi.

Tags:

Halaman