ARTIKEL

Anak Batuk Saat Tidur, Coba Redakan dengan Cara Ini, Bund!

Feb 06, 2023 11:06am

Pernahkah si kecil mengalami batuk saat tidur, Bunda? Batuk saat tidur bisa mengganggu kualitas tidur anak. Biasanya, batuk saat tidur disebabkan karena kondisi sleep apnea.

Sleep apnea merupakan gangguan tidur serius yang disebabkan oleh pembesaran amandel dan kelenjar gondok. Pembesaran kelenjar ini menghalangi saluran udara bagian atas sehingga membuat anak kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya dialami anak dengan rentan usia 3-6 tahun.

Ada beberapa cara meredakan batuk anak saat tidur, di antaranya sebagai berikut:

Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur membantu tubuh lebih rileks serta menghangatkan tubuh anak. cara ini membantu anak merasa lebih nyaman dan lega saat bernapas, terutama ketika cuaca dingin. Bila sebelumnya si kecil sedang batuk dan pilek, paparan uap hangat turut membantu melegakan saluran napasnya.

Cukupi kebutuhan cairan anak

Tubuh yang tetap terhidrasi membantu anak lebih cepat pulih. Asupan cairan yang tercukupi membantu mengencerkan lendir di saluran napas sehingga anak dapat bernapas lega, khususnya saat tidur.

Oleskan balsam

Saat anak batuk di malam hari, Bunda bisa mengoleskan balsam agar tidurnya lebih nyenyak. Oleskan balsam dengan kandungan mentol di bagian dada dan leher anak. Berikan pijatan lembut agar tubuh anak terasa lebih hangat dan pernapasan lega.

Tinggikan posisi bantal

Sebaiknya tinggikan posisi bantal anak saat tidur. Tambahkan satu atau dua bantal di bawah kepala anak saat akan tidur, khususnya di malam hari. cara ini membantu anak lebih mudak bernapas serta mengurangi lendir yang turun ke tenggorokan.

Pakai humidifier

Bila perlu, Bunda bisa menggunakan humidifier di dalam kamar saat anak tidur. Humidifier menambahkan uap air di udara yang kering sehingga membantu anak bernapas lebih lega. Penggunaan humidifier juga membantu meredakan batuk anak di malam hari.

Saat anak terserang batuk, berikan ia obat batuk khusus anak sesuai dosis yang dianjurkan. Bila si kecil mengalami gejala pilek seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin disertai batuk, berikan ia anakonidin sirup yang dapat diminum setelah makan. 

Selalu sediakan obat-obatan untuk keluarga di rumah. Bunda bisa mendapatkan obat-obatan yang aman dan terpercaya di Konimexstore. Segera bawa si kecil ke dokter jika kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Tags:

Halaman