ARTIKEL

Aktivitas Ini Ternyata Bagus untuk Stimulasi Motorik si Kecil, Lho!

Aug 25, 2021 10:50am

Kemampuan motorik halus sangat dibutuhkan demi kemandirian si kecil. Karenanya, kemampuan motorik halus ini perlu distimulasi agar dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Meskipun kelihatannya sepele, kemampuan motorik halus ternyata sangat dibutuhkan si kecil lho, Bunda.

 

Melansir dari Alodokter, kemampuan motorik halus merupakan kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh yang melibatkan saraf, tulang, dan otot, serta melakukan aktivitas tertentu. Kebanyakan aktivitas ini melibatkan jari-jari tangan dan kaki.

 

Kemampuan motorik halus yang dibutuhkan si kecil demi kemandiriannya seperti menyikat gigi, membuka pintu, menulis dan menggambar, memasang kancing pakaian, serta mencuci tangan.

 

Agar kemampuan motorik halus si kecil berkembang secara optimal, Bunda bisa memberikan stimulasi melalui beberapa kegiatan di rumah berikut ini:

 

 

  • Bermain Playdoh

 

Bermain playdoh atau lilin lunak membantu merangsang motorik halus si kecil. Ketika anak meremas dan membentuk playdoh, otot-otot tangan dan mata berkoordinasi sehingga dapat berkembang dengan baik. Bunda juga bisa membuat mainan playdoh sendiri di rumah tanpa bahan kimia tentunya yang aman untuk anak. Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya yaitu tepung terigu, tepung kanji, garam, minyak goreng, dan air. Aduk dan campurkan hingga kalis. Tambahkan pewarna makanan agar semakin menarik dimainkan si kecil.

 

 

  • Membuat Origami

 

Melipat kertas dan membuat origami bermanfaat untuk memperkuat otot-otot jari dan tangan. Bunda bisa menyediakan kertas origami warna-warni. Ajak si kecil melipat kertas origami. Ajari dengan membuat lipatan sederhana terlebih dahulu, seperti membuat bentuk persegi panjang atau lipatan sapu tangan bentuk persegi empat.

 

 

  • Menggambar dan Mewarnai

 

Kegiatan menggambar dan mewarnai bukan hanya meningkatkan kreativitas anak, tapi juga melatih si kecil memegang pensil dengan benar. Saat anak memegang pensil warna, maka otot halus tangan dan mata akan berkoordinasi. Ajarkan si kecil memegang pensil dengan benar secara perlahan ya, Bunda.

 

 

  • Bermain Lempar Tangkap Bola

 

Cara seru lainnya untuk menstimulasi kemampuan motorik halus si kecil adalah bermain lempar tangkap bola. Kegiatan ini melatih koordinasi antara mata dengan otot-otot tangan dan kaki. Ajak si kecil bermain lempar tangkap bola di pekarangan rumah. Agar lebih seru, Bunda bisa mengajak anggota keluarga lainnya bermain lempar tangkap bola.

 

 

  • Membuat Aksesoris dari Manik-manik

 

Meronce atau membuat aksesoris dari manik-manik bermanfaat untuk melatih kekuatan otot-otot jari dan tangan, khususnya jari telunjuk dan ibu jari serta kelenturan jari-jari tangan. Ajak si kecil membuat aksesoris dan memasukkan sendiri benang atau tali ke dalam manik-manik hingga membentuk kalung atau gelang. Jika tidak ada manik-manik, Bunda bisa menggantinya dengan sedotan atau benda-benda dari bahan alami.

 

Bermain bersama si kecil di rumah ternyata bukan hanya menyenangkan, tapi juga bisa membantunya mengembangkan kemampuan motorik. Saat bermain, anak bisa saja mengalami gangguan demam. 

 

Jangan panik, Bunda! Sebagai pertolongan pertama pada gangguan panas demam anak, Bunda bisa memberikan Termorex dan Termorex Patch.. Termorex memiliki 3 varian yang bisa disesuaikan dengan usia dan gejala yang dialami anak, di antaranya yaitu:

  • Termorex sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak. Membantu meredakan panas demam pada bayi dan anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala dan sakit gigi.
  • Termorex Baby dengan rasa jeruk untuk meringankan rasa sakit dan menurunkan panas demam pada bayi.
  • Termorex Plus dengan rasa jeruk dan tanpa alkohol untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan Termorex Patch untuk menurunkan demam anak. Termorex Patch adalah plester kompres demam yang aman dan praktis untuk bayi dan anak. Termorex Patch terbuat dari hydrogel yang efektif panas dan tahan hingga 8 jam. Termorex Sirup dan Termorex Patch bisa digunakan bersama untuk membantu meringankan demam anak.

 

Dengan Termorex Sirup dan Termorex Patch, Bunda tidak perlu panik lagi saat si kecil tiba-tiba panas demam ketika beraktivitas di rumah.

Tags:

Halaman