ARTIKEL

Agar Anak Sehat Dan Berprestasi Di Sekolah

Jul 26, 2018 6:40pm

 

Selain mendukung mental anak untuk bersekolah, ada beberapa faktor yang harus Bunda perhatikan untuk kesehatan dan kenyamanan anak sekolah yaitu sebagai berikut :

 

  1. peralatan sekolah juga harus diperhatikan terutama tas sekolah. Pilihan tas sekolah yang baik adalah berupa tas punggung dengan tali bahu lebar dan empuk serta sandaran punggung. Beban yang dibawa oleh anak tidak boleh melebihi 10%-20% berat badan anak. Barang-barang yang berat diletakkan di paling dasar tas, dan membawa barang seperlunya. Tas diatur agar dasarnya sejajar dengan pinggang anak. Selalu perhatikan keamanan tas punggung anak untuk mencegah sakit punggung dan kelainan tulang punggung.

 

 

 

  1. Orangtua juga harus memerhatikan transportasi yang digunakan untuk mengantar anak ke sekolah, apakah menggunakan bus umum, mobil pribadi atau berjalan kaki. Pastikan anak selalu menggunakan alat pelindung diri, dan apabila ke sekolah dengan berjalan kaki, pilih rute yang aman dan usahakan anak tidak berjalan kaki sendirian.

 

 

 

  1. Nutrisi saat belajar juga penting, usahakan agar anak sarapan pagi karena dapat memberikan energi untuk beraktifitas dan membuat anak dapat berkonsentrasi baik saat belajar. Pastikan anak mendapat sarapan yang mengandung protein cukup. Saat makan siang, ada beberapa sekolah yang menyediakan makanan namun bila tidak, sebaiknya anak dibawakan bekal makan siang yang cukup dengan gizi seimbang, untuk mencegah anak jajan sembarangan yang belum terjamin gizi dan kebersihannya. Apabila anak mendapat makanan dari sekolah, beritahukan pihak sekolah mengenai alergi makanan bila anak memilikinya.

 

 

 

  1. Selain belajar di sekolah, beberapa guru terkadang memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. Saat mengerjakan tugas, ruangan harus kondusif, tenang dan tidak ada gangguan dari televisi atau elektronik lainnya. Jadwalkan secara konsisten waktu untuk mengerjakan tugas rumah, dan kapan waktu untuk bermain. Orangtua dapat membantu anak mengerjakan tugasnya, bukan mengerjakan seluruh tugasnya, bila perlu dapat memanggil guru khusus.

 

 

 

  1. Setelah lelah beraktivitas saat sekolah, diperlukan waktu beristirahat yang cukup. Anak harus memiliki waktu tidur yang cukup karena penting untuk daya konsentrasi dan belajar saat di sekolah. Tentukan waktu tidur anak secara rutin, bila perlu ada rutinitas sebelum tidur misalnya membaca buku cerita atau mandi sebelum tidur, dan mengucapkan selamat tidur pada anak. Sebelum tidur juga tidak boleh bermain “gadget” atau elektronik lain, dan lampu kamar harus dimatikan. Saat tidur anak juga harus menggunakan pakaian yang nyaman dan suhu ruangan yang nyaman dan suasana tenang. Kurang tidur dapat menurunkan prestasi akademik, serta tingkat ketidakhadiran dan keterlambatan yang lebih tinggi. Jumlah tidur optimal untuk anak-anak yang lebih muda adalah 10-12 jam per malam dan untuk remaja (13-18 tahun) berada dalam kisaran 8-10 jam per malam.


Tags:

Halaman