ARTIKEL

6 Tips Cegah Anak Tertular Sakit, Bisa Dicoba Bund!

Feb 03, 2022 10:00pm

Sistem imun anak belum sempurna dan masih terus berkembang. Itulah sebabnya anak-anak jadi lebih rentan terserang penyakit dibanding orang dewasa. Karenanya, Bunda perlu mengetahui cara melindungi anak agar tidak mudah sakit yang bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) lebih sering menyerang anak-anak, khususnya balita. Tidak hanya ISPA, beberapa penyakit seperti radang tenggorokan dan diare juga dapat menyerang anak-anak. Sebagai pencegahan, berikut ini beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar anak tidak mudah sakit atau tertular penyakit:

  1. Selalu Menggunakan Masker

Ingatkan anak untuk selalu memakai masker setiap kali keluar rumah. Jangan memaksa anak apalagi memarahinya jika anak enggan memakai masker ya, Bund. Lakukan secara perlahan dengan durasi yang singkat agar lama kelamaan anak mau memakai masker dalam waktu lama.

  1. Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda

Cuci tangan menjadi cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Jadi, biasakan si kecil untuk selalu mencuci tangan usai menyentuh benda serta sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir mampu mencegah virus, bakteri dan parasit yang menempel di tangan masuk ke dalam tubuh.

  1. Langsung Mandi Setelah Beraktivitas di Luar Rumah

Selain rutin mencuci tangan, biasakan juga si kecil untuk segera mandi usai beraktivitas di luar rumah. Seperti ketika pulang sekolah, mintalah anak untuk langsung mandi dan mengganti pakaiannya.

  1. Ajarkan Anak untuk Tidak Berbagi Barang Pribadi dengan Teman

Anak-anak biasanya sering berbagi makanan dan minuman atau meminjamkan mainan dengan teman-teman sebayanya. Untuk mencegah penularan virus penyakit, ajarkan si kecil untuk tidak berbagi atau meminjamkan barang pribadi miliknya. Biasakan anak selalu membawa sendiri barang pribadinya seperti sendok dan tempat makan atau botol minum serta tidak meminjamkannya pada teman.

  1. Ajarkan Anak Menjaga Kebersihan Kamar dan Barang Pribadinya

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan penting dilakukan agar tidak mudah sakit. Jadi Bunda, ajarkan si kecil untuk lebih mandiri dengan  menjaga kebersihan kamar dan barang pribadinya. Mintalah si kecil untuk rajin membersihkan kamarnya sendiri serta membersihkan barang-barang pribadi miliknya. Bunda bisa menyediakan tisu basah dan hand sanitizer di kamar si kecil untuk memudahkannya membersihkan barang miliknya.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak dengan Pola Hidup yang Sehat

Terapkan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Tidak hanya anak-anak, orangtua juga perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi. Kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan biasakan anak memakan sayur dan buah agar tidak mudah sakit.

Jika anak jatuh sakit, selalu siap sedia obat-obatan di rumah sebagai pertolongan pertama. Bunda bisa mendapatkan obat - obatan sesuai gejala penyakit si kecil di Konimexstore.

Tags:

Halaman