ARTIKEL

5 Makanan Hangat yang Cocok di Musim Hujan!

Mar 11, 2022 2:41pm

Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh akan menurun seiring dengan rendahnya suhu udara. Tubuh pun jadi rentan terserang infeksi virus dan bakteri. Alhasil, tubuh akan mengalami demam sebagai tanda perlawanan terhadap infeksi virus.

Salah satu cara menghangatkan badan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan hangat. Tapi tidak sembarang hangat ya, Bunda. Perhatikan juga kandungan gizi dari makanan hangat yang dikonsumsi untuk keluarga, terutama anak-anak yang rentan terserang penyakit.

Lima makanan hangat ini cocok disajikan untuk keluarga di musim hujan. Bahkan beberapa di antaranya mampu meredakan gejala flu dan demam lho, Bunda.

  1. Sup Ayam

Biasanya sup ayam jadi menu wajib saat ada anggota keluarga yang sakit ya, Bunda. Sup ayam dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses pemulihan pasca sakit. Saat anak demam, sup ayam juga jadi andalan para ibu untuk meredakan demam.

Hal ini karena bahan-bahan hingga bumbu yang terdapat dalam sup ayam memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama saat sakit. Sayur-sayuran seperti wortel, kol dan buncis kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Ditambah dengan kentang sebagai sumber karbohidrat yang menambah energi. Serta bawang putih yang dikenal dapat memperkuat imunitas, mengatasi infeksi dan peradangan, hingga mencegah tubuh dari serangan demam dan flu.

  1. Soup Cream

Soup cream hangat akan terasa nikmat disantap di tengah cuaca dingin dan hujan turun. Apalagi jika ditambah bahan makanan favorit seperti daging ayam, udang, atau telur yang menambah kenikmatan menyantapnya. Soup cream dengan isian jagung, bayam, wortel, hingga brokoli dan asparagus membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama saat sakit.

  1. Bubur Ayam dan Bubur Kacang Hijau

Dingin-dingin memang enaknya menyantap semangkuk bubur ayam hangat ya, Bund. Tidak hanya meredakan rasa lapar, semangkuk bubur hangat yang dilengkapi dengan suwiran ayam, taburan bawang goreng, daun bawang dan disiram kuah kaldu hangat menambah tenaga yang dibutuhkan tubuh. Sebagai alternatif, bubur kacang hijau juga lezat dinikmati saat cuaca dingin. Bubur ayam dan bubur kacang hijau jadi pilihan makanan yang bisa disantap saat sedang sakit dan demam.

  1. Soto Ayam

Makanan hangat yang nikmat disantap di musim hujan selanjutnya ada soto. Semangkuk soto hangat jadi hidangan spesial yang nikmat disantap saat hujan turun. Soto dimasak menggunakan bumbu dan rempah yang bermanfaat untuk tubuh, seperti kunyit dan jahe. 

Rempah jahe membantu menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulasi produksi keringat. Jahe juga mengandung anti inflamasi dan antibakteri yang dapat mengatasi hidung tersumbat, pilek, mual, dan demam. Kandungan curcumin dalam kunyit membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan.

  1. Tekwan

Satu lagi menu makanan hangat yang tidak boleh dilewatkan saat musim hujan nih, Bund, yaitu Tekwan. Makanan khas Palembang ini banyak dicari saat cuaca dingin. Bumbu rempah hingga bahan-bahan yang ada di dalam tekwan membantu meningkatkan imunitas dan melawan serangan penyakit.

Bahan dasar tekwan adalah ikan tenggiri dan sagu. Ikan tenggiri kaya akan vitamin B kompleks dan zat besi yang bermanfaat untuk tubuh. Asam lemak omega 3 dalam ikan tenggiri juga sangat baik untuk kesehatan otak, mencegah penyakit kardiovaskular, serta mencegah anemia.

Selain menyajikan makanan hangat, untuk penanganan demam di rumah, Bunda bisa memilih obat penurun demam yang mengandung paracetamol dan tanpa alkohol di Konimexstore. Bunda juga bisa melakukan kompres demam pada anak untuk penanganan dari luar. Salah satu cara yang praktis dan mudah adalah dengan menggunakan plester kompres demam untuk menurunkan suhu tubuh anak saat demam.

Tags:

Halaman