ARTIKEL

5 Mainan Edukasi Anak yang Mendukung Tumbuh Kembangnya

Oct 26, 2020 1:35pm

Bunda, anak-anak di usia balita, bahkan saat masih bayi, sangat membutuhkan mainan. Bukan hanya sebagai media hiburan, namun mainan dapat melatih otot, motorik, keterampilan, serta metakognisi anak. Maka dari itu, dibuatlah mainan edukasi anak yang secara spesifik menyeimbangkan fungsi mainan sebagai hiburan dan pembelajaran bagi si kecil.

 

Sebagai orang tua, sudah jadi kewajiban Bunda untuk pintar dalam memilih jenis mainan edukasi anak yang paling sesuai dengan umur si kecil. Tidak perlu repot, berikut ini 5 rekomendasi mainan edukasi anak yang baik untuk bayi sampai usia balita.

 

Mainan balok

Ingin memperkenalkan bentuk dan warna? Bunda bisa melakukannya dengan mainan edukasi anak berupa blok warna-warni. Mainan balok ini ada banyak jenisnya, namun Bunda bisa mulai dengan memberikan mainan balok di mana si kecil harus mencocokkan bentuk balok dan memasukkannya ke dalam lubang di wadah.

 

Material dari balok mainan juga bervariasi, mulai dari plastik, busa, hingga kayu. Dengan mainan edukasi anak ini, si kecil bisa melatih koordinasi mata dengan tangan serta kemampuan memecahkan masalah. Jika si kecil sudah memasuki usia di atas 1 tahun, Bunda pun bisa memberikan mainan balok kayu lainnya, seperti balok kayu susun untuk semakin melatih kreativitasnya.

 

Buku warna-warni

Meskipun si kecil belum bisa membaca, namun mainan edukasi anak dalam bentuk buku tetap disukai oleh bayi, lho. Kuncinya adalah memberikan buku anak sesuai dengan usianya. Untuk batita, Bunda bisa membacakan buku bayi yang hanya memuat 1-2 kalimat saja per halamannya.

 

Umumnya, buku bayi ini terbuat dari bahan kain yang memiliki tekstur berbeda-beda. Sehingga, si kecil pun bisa merangsang indera dan motorik halus dengan menyentuh macam-macam objek di dalam buku ini. Selain itu, warna-warna mencolok dalam buku juga akan semakin membuat bayi begitu tertarik untuk melihatnya. Bunda bisa membacakan buku ini sebelum si kecil tidur untuk menanamkan hobi membaca sejak kecil.

 

Alat musik mainan

Mungkin para orang tua, termasuk Bunda, agak ragu dalam membelikan alat musik untuk si kecil karena harganya yang tidak murah. Namun, bukan berarti Bunda boleh mengabaikan niat dan bakat musik si kecil. Bunda pasti tahu kalau musik membawa banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, termasuk merelaksasi dan merangsang perkembangan otak kanan anak. Nah, untungnya sudah banyak alat musik mainan yang bisa Bunda berikan kepada si kecil.

 

Apa saja contohnya mainan edukasi anak untuk merangsang kemampuan bermusik? Ada xylophone kayu, keyboard mini, drum set dari plastik, gitar dengan senar plastik, tambourine, dan terompet mainan. Semuanya ini dibuat khusus untuk anak-anak berusia balita, jadi aman untuk dimainkan si kecil. Jika Bunda menilai si kecil sudah lebih mahir, Bunda bisa mengganti alat musik mainan tersebut menjadi alat musik asli!

 

Boneka

Boneka memang sudah jadi mainan edukasi anak yang paling banyak dibeli. Jelas saja, boneka memiliki bentuk yang lucu, tekstur yang lembut, dan aman untuk anak dalam segala usia. Terlebih lagi bagi bayi yang suka memasukkan barang ke mulut. Nah, Bunda bisa memberikan boneka binatang yang menggemaskan untuk si kecil, bisa juga membeli boneka yang bisa berbunyi bila ditekan.

 

Boneka juga ada banyak macamnya, ada yang terbuat dari plastik, kain dan busa, serta dari karet. Boneka yang terbuat dari karet ini umumnya disebut sebagai boneka lunak atau teether yang dibuat khusus untuk melatih genggaman bayi, motorik halus, serta pertumbuhan gigi. Untuk boneka plastik, sebaiknya dimainkan oleh anak berusia lebih dari 2-3 tahun.

 

Playmat

Bagaimana dengan bayi berusia 3-4 bulan, apakah ada mainan edukasi anak khusus yang bisa diberikan? Tentu saja, Bunda! Playmat merupakan mainan edukasi anak yang dapat melatih perkembangan motorik serta memperkuat leher bayi. Ketika bayi dibaringkan di atas playmat, bayi bisa nyaman bermain dalam posisi tengkurap dan mulai belajar untuk merangkak.

 

Playmat begitu menyenangkan untuk dimainkan bayi, apalagi bila playmat dilengkapi dengan mainan gantung di atasnya. Bunda bisa memilih, nih, playmat dengan motif seperti apa yang kira-kira akan disukai si kecil, mulai dari motif binatang, jalanan kota, sampai alfabet.

 

Tags:

Halaman