ARTIKEL

5 Kebiasaan Ini Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Dec 30, 2022 3:03pm

Ada yang bilang, musim hujan musimnya penyakit. Masa sih, Bund? Sebenarnya ada lho cara agar si kecil nggak gampang sakit, khususnya di musim hujan.

Sistem imun tubuh anak belum sempurna sehingga lebih rentan terserang penyakit. Memasuki musim hujan, perubahan suhu dari panas ke dingin secara mendadak membuat daya tahan tubuh anak melemah. Dampak buruknya, anak lebih mudah terserang penyakit.

Sebagai pencegahan, Bunda bisa ajarkan 5 kebiasaan ini agar anak kebal terhadap penyakit:

  1. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup membantu tubuh lebih cepat pulih. Sebaliknya, kurang tidur justru membuat tubuh si kecil lebih lambat untuk sembuh. Untuk bayi baru lahir dibutuhkan waktu tidur 18 jam sehari, sementara usia balita membutuhkan 12-13 jam waktu tidur, dan anak prasekolah perlu tidur hingga 10 jam setiap harinya. 

  1. Makan sayur dan buah

Terapkan pola hidup sehat sejak dini agar daya tahan tubuhnya kuat dan tidak mudah sakit. Berikan si kecil makanan dan minuman yang bernutrisi. Biasakan juga si kecil untuk mengonsumsi sayur dan buah ya, Bunda, dengan cara yang unik dan menarik tentunya.

  1. Mencuci tangan dengan benar

Terapkan kebiasaan mencuci tangan usai beraktivitas serta sebelum dan sesudah makan. Ajarkan si kecil cara mencuci tangan dengan benar yaitu dengan sabun di bawah air mengalir. Begitu pula saat si kecil memegang hewan atau buang air besar dan buang air kecil.

  1. Olahraga secara teratur

Tahukah Bunda, rutin berolahraga membantu meningkatkan sel pembunuh bakteri dan virus alami dalam tubuh. Yuk, ajak si kecil olahraga bersama secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Bunda bisa melakukan olahraga ringan bersama si kecil seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda.

  1. Hindari asap rokok

Satu hal penting yang kadang diabaikan ialah asap rokok. Rokok termasuk asapnya mengandung lebih dari 4.000 zat beracun yang bisa mengiritasi serta membunuh sel sehat dalam tubuh. Jadi, jauhkan si kecil dari asap rokok ya, Bunda. Mintalah anggota keluarga yang merokok untuk tidak merokok di dalam rumah.

Tags:

Halaman