ARTIKEL

3 Penyakit Yang Mudah Menular Di Sekolah Dan Cara Pencegahannya

Aug 13, 2018 2:46pm

 

Cacar air

Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster,merupakan salah satu penyakit yang menular melalui udara. Sangat mudah menular di lingkungan sekolah, untuk itu disarankan agar anak yang terkena cacar air sebaiknya tidak masuk sekolah agar tidak menularkan virus dan membantu mempercepat proses pemulihan.

Gejala cacar air diantaranya demam ringan, pilek, batuk ringan, sakit kepala, rasa gatal seperti digigit serangga, lemas, dan tidak nafsu makan. muncul bentol-bentol pada tubuh 2-3 hari setelahnya yang kemudian berkembang menjadi lenting gatal berisi cairan, dan kemudian mengering dan berbentuk koreng dalam 4-5 hari. Konsultasikan dengan dokter jika ada gejala yang tidak umum muncul misalnya dehidrasi dan infeksi. Untuk mengurangi rasa gatal dan mempercepat pemulihan, mandikan anak dengan air hangat dan berikan makanan yang bergizi.

Pencegahan dari Cacar Air:

Penyebab cacar air atau varicella simplex adalah virus varisela zoster. Virus ini dapat menular dengan mudah dan cepat. Penyakit ini disebarkan secara aeorogen atau melalui udara. Agar tidak terkena cacar air, lakukan beberapa hal tersebut sebagai pencegahan seperti kontak langsung dengan penderita, terkena cairan tubuh penderita melalui bersin atau batu dan memegang barang yang sebelumnya kontak dengan penderita, seperti seprai atau baju kotor.

 

 

Tags:

Halaman