ARTIKEL

10 Makanan yang Membantu Meredakan Flu dan Mempercepat Pemulihan

Nov 01, 2021 12:10pm

Saat terserang flu, nafsu makan si kecil menjadi berkurang bahkan tidak mau melahap makanan kesukaannya. Padahal mengonsumsi makanan berigzi sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Meski demikian, Bunda tetap harus memberikan makanan bernutrisi untuk si kecil. Berikut ini rekomendasi makanan yang bisa membantu meredakan flu:

Sup Ayam

Sup ayam telah lama dipercaya sebagai makanan yang mampu meredakan flu. Sup ayam terdiri dari kaldu ayam, sayuran, serta daging ayam, dimana semuanya dapat memenuhi kebutuhan cairan serta nutrisi yang diperluhan tubuh. Tercukupinya cairan dan nutrisi tubuh membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, kaldu ayam memiliki efek anti-inflamasi yang membantu meredakan pembengkakan yang dapat terjadi pada hidung dan bagian sinus. Sayuran dalam sup ayam kaya antioksidan dan fitokimia yang bisa membantu mempercepat pemulihan.

Ikan

Ikan tuna, kembung, dan salmon mengandung omega-3 yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bunda bisa memberikan makanan berbahan utama ikan untuk membantu tubuh si kecil melawan penyakit. Kandungan lemak ikan juga merupakan antiperadangan alami yang sangat baik dalam mempercepat proses pemulihan.

Susu, Telur dan Daging

Protein memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Protein dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan membantu proses pemulihan tubuh saat sakit. Sumber protein terbaik yang bisa Bunda berikan pada si kecil ketika sedang flu diantaranya seperti susu, telur dan daging rendah lemak.

Yoghurt

Saat anak terserang flu, yoghurt bisa jadi pilihan makanan yang bisa Bunda berikan. Yoghurt mengandung bakteri baik dan merupakan sumber protein tinggi. Kandungan probiotik di dalamnya mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Jahe

Rempah yang satu ini dipercaya sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang menyatakan bahwa jahe memiliki efek antivirus. Bunda bisa membuat minuman teh jahe hangat untuk meredakan flu pada anak. Tambahkan madu dan lemon untuk menambah manfaat dan rasanya.

Jeruk dan Lemon

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan lemon membantu mempercepat proses pemulihan tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain jeruk dan lemon, Bunda juga bisa memberikan buah-buahan kaya vitamin C lainnya seperti jambu biji, mangga, apel, dan kiwi.

Pisang

Buah pisang membantu meredakan rasa mual atau kembung. Kandungan kalium dalam pisang juga membantu meringankan nyeri otot dan kram serta gejala flu.

Madu

Tidak hanya jahe, madu juga dipercaya sebagai obat tradisional yang dapat meredakan flu dan batuk. Madu mengandung antioksidan dan antiradang yang bermanfaat meredakan flu. Namun pemberian madu pada anak di bawah 1 tahun sangat tidak dianjurkan karena berisiko memicu keracunan.

Cabe

Cabe mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dua kandungan ini mempu mengencerkan dahak dan lendir dalam hidung dan tenggorokan. Namun, Bunda perlu berhati-hati dalam menambahkan cabe pada makanan. Terlalu banyak menambahkan cabe dalam makanan bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai agen antibakteri dan antivirus yang kuat serta mampu mempercepat proses pemulihan pada penderita flu. Bawang putih juga dipercaya dapat meredakan gejala flu. Jika tak terbiasa dengan bawang putih mentah, Bunda bisa menambahkan bawang putih pada masakan kesukaan anak.

Tags:

Halaman